Iklan dempo dalam berita

Jangan Dianggap Remeh, 7 Penyakit Ini Dapat Menyerang Paru-paru, Perhatikan Sebelum Menyesal

Jangan Dianggap Remeh, 7 Penyakit Ini Dapat Menyerang Paru-paru, Perhatikan Sebelum Menyesal

Beberapa penyakit yang bisa berdampak pada paru-paru--

Bronkitis adalah penyakit peradangan yang terjadi pada bronkus, yaitu percabangan saluran udara yang menuju ke paru-paru. Salah satu penyebab yang paling sering dari penyakit ini adalah infeksi virus, yang ditularkan dari pengidap melalui percikan dahak yang dikeluarkan pengidapnya. 

Jika percikan dahak itu terhirup atau tertelan oleh orang lain, virus akan menginfeksi saluran bronkus orang tersebut.

BACA JUGA:Tetap Sehat dan Bugar di Usia Tua Hanya dengan Rutin Jalan Kaki, Ini Tips Melakukannya

3. Tuberculosis

Tuberkulosis (TB) adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut tidak hanya menyerang paru-paru, tapi juga bisa menyebar ke bagian tubuh lain, seperti tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, dan ginjal. 

Penularan bakteri penyebab TB adalah melalui percikan dahak atau cairan dari saluran pernapasan pengidapnya, misalnya saat batuk atau bersin.

4. Asma 

Asma adalah penyakit kronis yang ditandai dengan gejala sesak napas akibat peradangan dan penyempitan saluran pernapasan. Pengidap asma umumnya memiliki saluran pernapasan yang lebih sensitif. 

BACA JUGA:Peluang Karier Mentereng, Astra Infra Buka Lowongan Kerja Terbaru 16 Desember 2023

Itulah sebabnya ketika terpapar alergen atau pemicu, saluran pernapasannya akan meradang, membengkak, dan menyempit. Akibatnya, aliran udara menjadi terhambat. 

Selain sesak napas, akan terjadi peningkatan produksi dahak yang membuat pengidapnya semakin sulit bernapas. Ada beberapa hal yang dapat memicu munculnya serangan asma, yaitu paparan debu, asap rokok, bulu binatang, udara dingin, virus, dan zat kimia.

5. Emboli paru

Emboli paru merupakan penyakit yang terjadi karena terdapat gumpalan darah yang menyumbat salah satu arteri pada paru-paru. Penyumbatan ini mengakibatkan penurunan jumlah oksigen dalam darah.

Pengidapnya pun jadi mengalami keluhan seperti sesak napas, nyeri di bagian dada, berkeringat berlebihan, pusing, hingga batuk berdarah.

6. Kanker paru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: