Iklan dempo dalam berita

Jangan Dianggap Remeh, 7 Penyakit Ini Dapat Menyerang Paru-paru, Perhatikan Sebelum Menyesal

Jangan Dianggap Remeh, 7 Penyakit Ini Dapat Menyerang Paru-paru, Perhatikan Sebelum Menyesal

Beberapa penyakit yang bisa berdampak pada paru-paru--

Kanker paru-paru terjadi ketika sel abnormal di organ tersebut tumbuh secara tidak terduga dan kemudian berkembang menjadi tumor ganas. 

BACA JUGA:Negara-negara Ini Bikin Candu dan Menjadi Favorit Para Turis untuk Berkunjung, Indonesia Salah satunya

Gejala biasanya tidak muncul sampai sel kanker menyebar ke bagian tubuh lain dan mencegah organ lain berfungsi dengan baik. Padahal pada titik ini, sudah sulit untuk mengobatinya.

Kendati demikian tetap harus mewaspadai sebagian kecil gejala awal seperti sesak napas, berat badan turun drastis tanpa alasan, batuk berdarah dan nyeri dada.

7. Penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK)

Penyakit paru-paru jenis ini adalah peradangan paru kronis yang memicu terjadinya gangguan aliran udara, baik menuju ataupun dari paru-paru.  

Secara umum, ada dua jenis gangguan yang terjadi pada PPOK, yaitu bronkitis kronis dan emfisema. Pada bronkitis kronis, peradangan terjadi pada dinding bronkus.

BACA JUGA:7 Cara Jalan Kaki yang Benar untuk Menurunkan Berat Badan yang Ideal

Sedangkan pada emfisema, peradangan atau kerusakan terjadi pada alveoli (kantung kecil pada paru-paru. Tanda emfisema membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang. Pada tahap awal gejalanya meliputi sesak napas, batuk dengan lendir, mengi, dan sesak dada.

Faktor utama yang dapat menyebabkan PPOK adalah paparan asap rokok dalam jangka panjang, baik secara aktif maupun pasif. Sementara itu, faktor risiko lainnya adalah paparan debu, asap bahan bakar, dan uap bahan kimia.

Penyakit paru-paru tentu bisa dicegah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya adalah menjaga pola makan sehat dan bergizi, rutin melakukan senam pernapasan, berolahraga, dan kenakan masker setiap keluar rumah. 

BACA JUGA:Kirim CV Secepatnya, Alfamart Bula Lowongan Kerja untuk Penempatan Seluruh Indonesia

Selain itu, bisa juga dibantu dengan mengonsumsi makanan pembersih untuk memperkuat kesehatan paru-paru.

 

Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: