Iklan dempo dalam berita

Selain Hasilkan Kapas, Pohon Kapuk atau Daun Randu Rupanya Manjur Sembuhkan 7 Penyakit Ini

Selain Hasilkan Kapas, Pohon Kapuk atau Daun Randu Rupanya Manjur Sembuhkan 7 Penyakit Ini

Apa saja manfaat dari daun randu --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Pohon randu, dikenal juga dengan nama kapok atau ceiba pentandra, merupakan salah satu spesies pohon yang tergolong dalam keluarga kapaseae. Pohon ini memiliki ciri khas dengan pohon yang memiliki tinggi fantastis dan memiliki batang yang besar dengan akar mendalam. 

BACA JUGA:Buat yang Sakit Gigi, Coba Deh Kunyah Setiap Hari Daun Landep Biar Sakitnya Reda dan Hilang

Daunnya memiliki bentuk kecil, dan bunganya berwarna putih atau krem. Namun, yang menjadikan pohon ini istimewa adalah daunya yang mampu mengobati berbagai macam penyakit, lalu apa saja manfaat dari daun randu ini? dalam artikel ini kita akan membahasa tentang apa saja manfaat dari daun randu untuk Kesehatan.

BACA JUGA:Tidak hanya Rempah Masakan, Daun Salam Memiliki Banyak Manfaat, Diantaranya Mengurangi Risiko Diabetes

Kandungan Daun Randu

Daun randu berasal dari pohon kapuk randu yang menghasilkan kapas. Pohon ini juga dikenal dengan nama latin Ceiba pentandra. Pohon ini tumbuh dengan baik di area yang memiliki curah hujan tinggi, itulah sebabnya pohon randu banyak ditemui di sepanjang tepi jalan.

Di Indonesia, buah dari pohon kapuk randu diambil untuk diolah menjadi kapas yang digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan bantal, kasur, dan matras. Bijinya yang mengandung minyak juga digunakan sebagai bahan pelumas dan minyak lampu. 

Selain itu, daun randu juga sering dimanfaatkan sebagai obat alami, karena diketahui mengandung beberapa zat fitokimia seperti saponin, flavonoid, dan alkaloid yang berperan sebagai antioksidan.

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tahu, Daun Landep Bisa Mengobati Luka Bakar, Sakit Gigi hingga Demam

Lalu apa saja manfaatnya?

1. Mencegah Sindrom Kardiometabolik 

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ekstrak dari pohon randu, termasuk daunnya, memiliki potensi sebagai obat untuk sindrom kardiometabolik. Sindrom kardiometabolik merujuk pada rangkaian gangguan metabolisme yang ditandai oleh obesitas, kolesterol tinggi, kadar gula darah yang tinggi, dan tekanan darah tinggi. Kondisi-kondisi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes dan penyakit jantung pada mereka yang mengalami sindrom ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak pohon randu memiliki efek-efek untuk: 

  1. Menurunkan kolesterol secara alami. 
  2. Mengurangi peradangan di pankreas dan jaringan adiposa (lemak). 
  3. Meningkatkan sensitivitas insulin. 
  4. Mengurangi stres oksidatif. 
  5. Menurunkan tekanan darah. 

Penelitian ini memberikan harapan bahwa pohon randu dapat digunakan sebagai terapi potensial untuk mengatasi berbagai masalah yang terkait dengan sindrom kardiometabolik.

BACA JUGA:Segudang Manfaat Air Daun Serai Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bisa Atasi Tekanan Darah Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: