Iklan dempo dalam berita

Demam atau Sakit Maag Jangan Dulu Beli Pil, Coba Obati dengan Daun Randu

Demam atau Sakit Maag Jangan Dulu Beli Pil, Coba Obati dengan Daun Randu

Manfaat daun randu untuk obat demam dan maag--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Daun randu juga dikenal sebagai tanaman kapuk yang sering ditemukan di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. 

Daun randu telah digunakan secara tradisional sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Lalu bagaimana cara mengolahnya? Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengolah daun randu menjadi obat yang bermanfaat.

BACA JUGA:11 Rekomendasi Motor Matic Cocok untuk Perempuan, Lebih Nyaman dan Aman

1. Meredakan Demam

Salah satu manfaat pertama dari daun randu adalah kemampuannya sebagai obat untuk meredakan demam. Tanaman randu ini mengandung berbagai senyawa kimia seperti gula pereduksi, saponin, poliuronoid, polifenol, tanin, plobatanin, damar yang pahit, hidrat arang, serta flavonoid. 

Daun muda randu juga mengandung fenol, alakaloid, flavonoid, dan hemaglutinin. Kandungan flavonoid pada daun randu memiliki berbagai macam bioaktivitas, salah satunya adalah efek antipiretik sehingga berpotensi membantu mengatasi demam.

Cara Mengolah Daun Randu

Seperti beberapa jenis daun herbal penurun demam dan panas lainnya, cara pengolahan daun randu juga sangat sederhana. Cara yang dapat Anda lakukan adalah

BACA JUGA:Biar Tidak Salah, Ikuti Panduan Pengisian Daftar Riwayat Hidup Nomor Induk Berikut, untuk PPPK Lolos Seleksi

1. Cara pertama: Ambil 5 lembar daun randu yang sudah dicuci bersih, kemudian remas dalam 500 cc air matang. Setelah itu, saring larutan tersebut dan pindahkan ke dalam sebuah gelas. 

2. Cara kedua: Persiapkan 2 lembar daun randu, lalu haluskan dan seduh dengan 150 cc air mendidih. Aduk larutan tersebut dan saring sebelum diminum. 

Dengan menggunakan salah satu dari cara-cara di atas, daun randu dapat menjadi obat penurun demam dan panas yang efektif.

Mengatasi asam lambung dan Mengobati maag 

Asam lambung bisa diatasi dengan menggunakan khasiat daun randu untuk lambung. Ini karena daun randu memiliki senyawa anti inflamasi dan antioksidan yang tinggi, sama bagusnya dengan daun populer lain seperti daun sirsak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: