Iklan dempo dalam berita

HP Android Diretas, Caleg DPRD Tertipu Ratusan Juta, Seperti Ini Modusnya

HP Android Diretas, Caleg DPRD Tertipu Ratusan Juta, Seperti Ini Modusnya

Caleg DPRD di Seluma tertipu dan mengalami kerugian ratusan juta rupiah--

Tak terima uang hilang tanpa sepengetahuannya, Muharam pun langsung mendatangi Kantor BRI Unit Pasar Tais untuk meminta penjelasan. 

"Pimpinan BRI sudah saya temui, tapi malah menyalahkan saya karena faktor kelalaian katanya, kan merugikan saya sebagai nasabah, karena lemahnya sistem keamanan rekening nasabah," ujar Muharam.

BACA JUGA:Pakai Panel Surya, Pengeluaran Listrik Lebih Hemat, Selain Rumah juga Bisa untuk Ini

Tak puas dengan jawaban pihak BRI, ia pun langsung melaporkan ke pihak berwajib, mulai dari Polsek Seluma, Polres Seluma hingga ke Polda Bengkulu yang diklaim memiliki alat pelacak untuk mengungkap kejahatan cyber.

Tak cukup ke aparat kepolisian, ia pun meminta bantuan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bengkulu, untuk turut serta membantu mengembalikan saldo tabungannya di rekening BRI yang telah lenyap dalam hitungan detik.

Untuk menghindari menjadi korban penipuan undangan pernikahan elektronik, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

BACA JUGA:Jika Mengalami Luka Berat saat Bertugas, Anggota KPPS Dapat Santunan Belasan Juta Rupiah

1. Verifikasi sumber: Selalu periksa dan verifikasi keaslian undangan yang Anda terima. Hubungi pasangan yang akan menikah langsung melalui saluran komunikasi yang sah, seperti nomor telepon yang diketahui atau akun media sosial yang terverifikasi.

2. Hati-hati dengan tautan dan lampiran: Jangan mengklik tautan atau mengunduh lampiran dari undangan yang mencurigakan. Tautan tersebut dapat mengarahkan Anda ke situs web yang berbahaya atau menginstal perangkat lunak berbahaya pada perangkat Anda.

3. Pastikan keamanan data pribadi: Jangan memberikan informasi pribadi yang sensitif kepada pihak yang tidak dikenal atau tidak terpercaya. Penipu sering kali meminta data pribadi dalam undangan palsu mereka, jadi selalu waspada.

BACA JUGA:PT Dharma Polimental Buka Lowongan Kerja di Bulan Desember, Ada 12 Posisi, Ini Syaratnya

4. Laporkan penipuan: Jika Anda menerima undangan pernikahan elektronik palsu, laporkan hal tersebut kepada penyedia layanan email atau platform media sosial yang relevan. Ini akan membantu mereka dalam mengambil tindakan terhadap penipuan semacam itu.

5. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah di WhatsApp untuk menghindari pembobol rekening lewat chat.

Perlu dicatat bahwa penipuan dapat terjadi dalam berbagai bentuk dan modus. Penting untuk tetap waspada, terutama dalam transaksi online dan komunikasi elektronik.

BACA JUGA:Skutik Premium Yamaha XMAX Tech MAX 250 cc Resmi Mengaspal, Informasinya Ada 19 Fitur Terbaru yang Disematkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: