Iklan dempo dalam berita

Air Kelapa Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah Tinggi, Ini 5 Cara Menggunakannya dengan Baik

Air Kelapa Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah Tinggi, Ini 5 Cara Menggunakannya dengan Baik

Air Kelapa Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah Tinggi--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Selain minum obat secara rutin, penderita penyakit hipertensi dapat melakukan diet atau mengonsumsi makanan dan minuman yang khusus untuk penderita penyakit hipertensi.

Diet yang dianjurkan untuk penderita penyakit hipertensi yaitu diet DASH (Dietary Approachs to Stop Hypertension), yang menganjurkan penderita hipertensi agar lebih banyak mengonsumsi bahan makanan yang tinggi kalium, magnesium, kalsium, dan serat. Selain itu, harus pula rendah natrium, asam lemak jenuh, dan kolesterol.

BACA JUGA:7 Dampak Buruk Minum Air Kelapa, Anjurannya hanya Segini per Hari

Nah, tahukah Anda, kalau pohon kelapa juga merupakan salah satu tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai pengobatan nonfarmakologi?

Ya, pohon kelapa, khususnya pada air kelapa hijaunya (Cocos nucifera L), ternyata bisa membantu memperingan derita hipertensi.

Tumbuhan kelapa memang sering disebut juga sebagai “kalpavriksha”, yang berarti pohon surga, dikarenakan semua bagian dari tanaman tersebut mulai dari batang, daun, buah kelapa hingga air kelapa semuanya dapat dimanfaatkan untuk kebaikan kita. Kalau cuacanya panas, atau saat Anda sedang mengalami dehidrasi, air kelapa sangat cocok untuk melepas dahaga.

BACA JUGA:Bisa Memperlambat Penuaan, Ini 7 Manfaat Sering Minum Air Kelapa Muda

Tapi tahukah Anda, bahwa air kelapa muda juga dipercaya dapat mengurangi frekuensi denyut nadi dan tekanan darah.

Kandungan Air Kelapa

Kandungan yang terdapat dalam air kelapa terdiri dari zat gizi makro yang terdiri atas karbohidrat, lemak, dan protein serta zat gizi mikro yang terdiri atas vitamin dan mineral.

Air kelapa disebut pula sebagai minuman isotonis, karena sangat kaya akan kandungan mineral, antara lain tinggi kalium 17%, magnesium 15%, dan vitamin C 10% serta rendah natrium. Berbeda dengan minuman isotonis lain yang mempunyai kandungan natrium yang lebih tinggi dari pada kalium.

BACA JUGA:Bagi Pemilik Riwayat Sakit Ini Dilarang Keras Mengonsumsi Air Kelapa Muda, Bukan Sehat Malah Masuk Rumah Sakit

Perlu Anda tahu, bahwa kalium merupakan salah satu mineral yang banyak memberikan manfaat dalam tubuh, di antaranya

- Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: