Iklan dempo dalam berita

Hujan Ringan Hari Ini Diperkirakan Turun di Wilayah Berikut, Waspada juga Potensi Hujan Petir

Hujan Ringan Hari Ini Diperkirakan Turun di Wilayah Berikut, Waspada juga Potensi Hujan Petir

Prakiraan hujan hari ini--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Di beberapa daerah hujan mulai turun, sedangkan di daerah lainnya belum. Kondisi ini lantaran dampak dari El Nino yang belum usai. Namun hujan ringan hari ini diperkirakan turun di wilayah berikut, waspada juga potensi hujan petir.

Daerah yang diprediksi akan turun hujan ringan hari ini adalah Banda Aceh, Denpasar, Serang, Jakarta Pusat, Gorontalo, Semarang, Bandung, Banjarmasin, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Manokwari, Pekan Baru, Makassar, Kendari, Padang, dan Palembang.

BACA JUGA:KUR BRI 2024, Bunga Rendah Mulai 3 Persen Per Tahun, Syarat KTP dan Bisa Ajukan via Online

Untuk daerah yang diprediksi cerah hari ini adalah Jambi, Tarakan, Surabaya, Ternate, Kupang, dan Jaya Pura. Sedangkan untuk daerah yang berpotensi hujan petir yakni Bengkulu, Samarinda dan Pangkal Pinang.

Khusus Bengkulu, masih ada sebagian daerah yang mengalami kemarau, meskipun beberapa daerah ada yang sudah mulai turun hujan. Kondisi hujan yang belum merata ini lantaran dampak El Nino yang masih terjadi.

BMKG telah merilis perkiraan puncak musim hujan untuk rentang waktu 2023-2024. Mayoritas wilayah di Indonesia diperkirakan akan mencapai puncaknya pada rentang waktu Januari hingga Februari 2024. Prediksi BMKG menyebutkan bahwa puncak musim hujan di berbagai pulau memiliki jadwal yang berbeda. Seperti puncak musim hujan di Pulau Sumatera yang diperkirakan terjadi dari September 2023 hingga April 2024, di Pulau Jawa dari Desember 2023 hingga Februari 2024, di Pulau Kalimantan dari Oktober 2023 hingga Juni 2024.

BACA JUGA:KUR BRI 2024 Pinjam Rp 50 Juta Cair Cepat dan Cicilan Ringan

Untuk wilayah lainnya, seperti Bali dan Nusa Tenggara, puncak musim hujan diperkirakan terjadi dari Desember 2023 hingga Maret 2024, di Pulau Sulawesi dari Desember 2023 hingga Agustus 2024, dan di Maluku dan Papua diperkirakan terjadi dari September 2023 hingga 2024.

Berdasarkan prediksi BMKG untuk musim hujan pada periode 2023-2024, diperkirakan intensitas hujan akan berada dalam kondisi normal di beberapa wilayah. 

Wilayah-wilayah tersebut termasuk sebagian kecil Sumatera Utara, bagian selatan Lampung, sebagian kecil Banten, sebagian kecil Jawa Barat, bagian timur Jawa Tengah, bagian selatan Jawa Timur, sebagian Kalimantan Barat, sebagian Nusa Tenggara Timur, bagian utara Sulawesi Tengah, bagian selatan Papua Barat, dan bagian barat Papua. Ini menunjukkan bahwa wilayah-wilayah ini diprediksi tidak akan mengalami perubahan signifikan dalam intensitas hujan selama musim hujan periode tersebut.

BACA JUGA:Simulasi Cicilan Pinjaman Rp1 Juta Hingga Rp10 Juta di KUR BRI 2024 Syarat Mudah dan Proses Cepat

Berdasarkan prakiraan BMKG, musim hujan pada periode tersebut diproyeksikan akan membawa intensitas tinggi di beberapa wilayah. Wilayah-wilayah yang diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas tinggi termasuk bagian selatan Aceh, bagian utara Sumatera Utara, bagian utara Riau, bagian selatan Sumatera, bagian utara Jambi, bagian utara Bengkulu, bagian barat Sumatera Selatan, bagian selatan Banten, bagian selatan Sulawesi Tengah, dan bagian selatan Sulawesi Tenggara.

BACA JUGA:Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun Terbukti Mitos Belaka, Lantas Sebenarnya Berapa Tahun?

Kesimpulannya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: