Iklan dempo dalam berita

9 Cara Daftar KIS Gratis Online 2024 Lewat HP Serta Syarat dan Biaya yang Dibutuhkan

9 Cara Daftar KIS Gratis Online 2024 Lewat HP Serta Syarat dan Biaya yang Dibutuhkan

Kartu Indonesia Sehat adalah sebuah asuransi kesehatan, yang diwajibkan semua rakyat Indonesia memilikinya.--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sampai saat ini masih ada sebagaian orang yang belum memiliki Kartu Indonesia Sehat atau KIS. Oleh karena itu, kali ini akan diulas 9 cara daftar kis gratis online 2024 lewat HP, serta syarat dan biaya yang dibutuhkan.

BACA JUGA:Begini Cara Mengecek Kartu KIS Aktif atau TIdak Via Online dan Termasuk Cara Daftar Kartu KIS Baru

Perlu diketahui, Kartu Indonesia Sehata atau KIS adalah salah satu program yang diberikan oleh Pemerintah untuk memudahkan akses fasilitas kesehatan. Serta, memberikan bantuan yaitu seperti pelayanan kesehatan dan lain sebagainnya.

BACA JUGA:Syarat KUR BRI 2024, Ajukan Pinjaman Rp 65 Juta via Online Gratis dan Ini Besaran Cicilannya

Untuk mendapatkan kartu ini sebenarnya kalian tidak harus melakukan pendaftaran. karena kartu tersebut akan didistribusikan oleh pihak BPJS Kesehatan ke seluruh faskes atau puskesmas di seluruh desa atau kelurahan.

BACA JUGA:Masih Berlanjut, Basnsos PKH 2024 Khusus Lansia Segera Cair, KPM Menerima Uang Rp600 Ribu

Sedangkan untuk penerima Kartu KIS ini adalah ditujukan untuk kalangan rakyat miskin berdasarkan Basis Data Terpadu, yang dibangung oleh sensus penduduk. Program ini digagas sejak tahun 2014 oleh Presiden Jokowi yang menjangkau 19 provinsi di Indonesia.

BACA JUGA:Cara Mengajukan KUR Mandiri Tanpa Jaminan, Intip Tips Agar Lolos Pengajuan KUR Mandiri 2024

Dalam perkembangannya, istilah KIS ini juga digunakan untuk merujuk pada BPJS Kesehatan. Karena, pada dasarnya Kartu Indonesia Sehat adalah sebuah asuransi kesehatan, yang diwajibkan semua rakyat Indonesia memilikinya.

BACA JUGA:KUR Mandiri 2024 Sudah Resmi Dibuka, Apa Syarat Pinjam KUR Mandiri 2024 Agar Lolos? Yuk Simak

Sehingga, masyarakat menjadi lebih mudah untuk melakukan pengobatan ataupun pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan setempat. Jika diantara kalian ada yang belum memiliki kartu tersebut, maka kalian bisa membuat dengan menyiapkan beberapa persyaratan seperti berikut ini.

BACA JUGA:Cara Mengaktifkan KIS Lewat JKN Mobile, Pastikan Status Kepesertaan Selalu Aktif

Syarat Daftar Kartu Indonesia Sehat

Adapun beberapa syarat pendaftaran KIS bagi keluarga ataupun rakyat kurang mampu, diantaranya adalah :

  1. Keluarga bukan pekerja penerima upah atau (BPPU).
  2. Selurunh anggota keluarga diwajibkan untuk mendaftar sesuai data di KK atau Kartu Keluarga.
  3. Daftar di kantor BPJS terdekat.
  4. Dokumen yang dibutuhkan diantaranya adalah KTP, KK, Surat Keterangan Domisili, pas foto warna 3X4 masing-masing anggota 1 lembar.
  5. Menandatangani surat pernyataan.
  6. Anak angkat juga bisa didaftarkan BPJS, dengan menyertakan bukti yang sah dari pengadilan.
  7. Pendaftaran dapat diwakilkan, jika calon peserta BPJS tida bisa melakukan pendaftaran sendiri. Dengan alasan, perwakilan harus dibekali surat kuasa bermaterai 6000.
  8. Setelah kalian mendapatkan KIS, maka kalian sudah bisa langsung menggunakannya dengan cara menunjukan saat datang ke puskesmas, klinik, maupun rumah sakit yang telah bekerja sama dengan BPJS, tanpa harus mendapatkan rujukan terlebih dahulu dari faskes pertama.
  9. Kemudian, prosedur pendaftaran di rumah sakit ini ternyata sedikit berbeda dengan pengguna BPJS. Peserta BPJS harus mendapatkan surat rujukan asli terlebih dahulu, sebelum kalian mendapatkan pelayanan kesehatan di faskes lanjutan atau Rumah Sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: