Iklan RBTV Dalam Berita

Ini Sanksi Kredit Macet KUR BRI 2024, Hati-hati Ada Sanksi Penyitaan Aset

Ini Sanksi Kredit Macet KUR BRI 2024, Hati-hati Ada Sanksi Penyitaan Aset

Sanksi kredit macet KUR BRI 2024--

Masalah kredit macet sering dialami oleh debitur karena gagalnya usaha atau musibah yang menimpa debitur. Di samping itu tingginya suku bunga kredit juga bisa menjadi alasan mengapa kredit KUR BRI menjadi macet.

BACA JUGA:Berikut Daftar 46 Bank Penyalur KUR, Siapkan Syaratnya, Ajukan Sekarang

Jenis-Jenis Tingkatan Kelancaran Kredit

Terdapat 4 macam tingkatan kelancaran kredit yang dikenal dalam dunia perbankan, yaitu kredit lancar, kurang lancar, diragukan, dan macet.

1. Kredit Lancar

Kredit bisa dikatakan lancar jika debitur tidak memiliki tunggakan dalam bentuk apapun, baik angsuran pokok maupun bunga pinjaman.

Selain tidak pernah menunggak, kredit yang belum melampaui masa angsuran berikutnya juga dikatakan sebagai kredit lancar.

2. Kredit Tidak Lancar

Bisa dikatakan demikian jika debitur telah memiliki tunggakan angsuran lebih dari satu masa angsuran, namun belum lebih dari dua masa angsuran.

BACA JUGA:Mulai Tahun 2024, Segini Besaran Gaji TNI/Polri Setelah Kenaikan 8%, Bagaimana Tunjangannya?

Begitupun juga jika debitur tidak membayar tunggakan bunga hingga 2 bulan tetapi belum melebihi 3 bulan tetap dianggap sebagai kredit tidak lancar.

3. Kredit Diragukan

Kredit diragukan adalah salah satu tingkatan kelancaran kredit yang masih bisa diselamatkan dan memiliki nilai jaminan 75% dari harga hutang.

Demikian juga kredit dianggap sebagai kredit diragukan jika kredit sudah tidak bisa diselamatkan karena debitur tidak mampu membayar angsuran pokok dan bunga, tetapi terdapat jaminan yang setara dengan hutang debitur.

BACA JUGA:Simulasi Cicilan Kartu Kredit Citibank, Seperti Ini Syarat dan Cara Pengajuan Ready Credit Citibank

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: