Iklan dempo dalam berita

Bulan Penuh Berkah, Kapan Jadwal Puasa Ramadhan 2024 NU? Pahami juga 11 Keutamaan Puasa Ramadhan

Bulan Penuh Berkah, Kapan Jadwal Puasa Ramadhan 2024 NU? Pahami juga 11 Keutamaan Puasa Ramadhan

11 keutamaan puasa bulan ramadhan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMBulan penuh berkah, kapan jadwal puasa ramadhan 2024 NU? Pahami juga 11 keutamaan puasa ramadhan.

Berdasarkan kalender Hijriah Indonesia tahun 2024, bulan suci Ramadhan akan jatuh pada hari Selasa, 12 Maret 2024 dan berakhir pada hari Selasa, 9 April 2024.

Kalender tersebut disusun oleh Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia.

Meski begitu, pemerintah biasanya tetap akan melakukan sidang isbat untuk menentukan ketetapan awal puasa dan idul fitri. Sidang Isbat biasanya digelar mendekati prediksi awal puasa Ramadhan.

BACA JUGA:Paling Banyak Digemari, Mengapa Investasi Emas Jadi Pilihan Terbaik? Ternyata Ini Alasannya

Puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Islam selama satu bulan penuh. Tak sekadar menahan lapar dan haus, ibadah ini juga dilakukan untuk menahan hawa nafsu lainnya. Selain itu ibadah yang menjadi rukun Islam ketiga ini memiliki sejumlah keutamaan. 

Berikut beberapa keutamaan Puasa Ramadhan sesuai hadits Nabi SAW yang dilansir dari berbagai sumber 

1. Dibuka Pintu Surga

 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَتُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ وَتُغَلُّ فِيهِ مَرَدَةُ الشَّيَاطِينِ لِلَّهِ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ 

Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah saw bersabda: 

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah swt telah mewajibkan kepada kalian berpuasa didalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang.” (HR. An-Nasai) 

BACA JUGA:Ini Cara Dapat Tiket Gratis Mudik Lebaran 2024 dari Bank Mandiri dan Indomaret, Jangan Sampai Terlewat

2. Diampuni Dosanya yang Telah Lalu

 مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: