Iklan RBTV Dalam Berita

Berikut 11 Cara Lepas dari Jeratan Pinjol, Solusi Efektif untuk Lunasi Hutang

Berikut 11 Cara Lepas dari Jeratan Pinjol, Solusi Efektif untuk Lunasi Hutang

Berikut 11 Cara Lepas dari Jeratan Pinjol, Solusi Efektif untuk Lunasi Hutang--Foto: ist

 Jadi, peminjam yang lagi kesulitan bisa menyampaikan niat baiknya untuk membayar, namun meminta keringanan pembayaran karena kondisi ekonomi yang sedang memburuk.

BACA JUGA:Jangan Sampai Depresi Karena Terjerat Hutang Pinjol, Ini Trik Jitu dan Cara Melunasi Hutang Pinjol, Pasti Aman

3. Laporkan Teror Debt Collector

Jika kamu diteror oleh debt collector dan disertai ancaman atau tindak kekerasan lainnya, maka kalian dapat menghubungi pihak yang berwajib. 

Misalnya Kepolisian Republik Indonesia. Selain itu, kalian juga bisa melaporkan ke AFPI melalui website www.afpi.or.id atau telepon 150505 (bebas pulsa) atau ke OJK melalui Kontak OJK 157 apabila penyelenggara fintech Lending telah terdaftar/berizin di OJK.

BACA JUGA:Hindari Kunjungan DC ke Rumah, Gunakan 10 Cara Ampuh Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk

4. Jual Aset, Hemat, dan Cek Pengeluaran

Kamu tidak harus menjual tanah atau rumah untuk keluar dari jeratan pinjol. Namun, bisa menjual barang-barang yang memang bisa dijual. 

Misalnya, memiliki 2 handphone, bisa menjual salah satunya untuk mencicil tagihan pinjol. Selain itu, kamu juga bisa menghemat pengeluaran dan mengecek pengeluaran apa saja yang bisa dikurangi untuk mendatangkan cash flow dan melunasi sisa utang.

5. Cek Status Pinjol Ilegal atau Bukan

Ketika membutuhkan uang, kebanyakan orang akan merasa terburu-buru dan akhirnya terjebak pada pinjol ilegal. 

Nah, jika perusahaan pinjol yang kamu pinjam legal, ada baiknya melunasi kewajiban karena jika tidak implikasinya akan tidak baik, seperti masuk blacklist SLIK OJK, dikejar-kejar debt collector.

Sedangkan, jika mengecek dan ternyata perusahaan pinjol ilegal, maka kamu bisa melaporkan ke OJK atau ke pihak berwajib jika mereka melakukan penagihan yang tidak sesuai ketentuan, seperti mengancam atau memaki-maki.

BACA JUGA:Aplikasi Pinjol Mudah Cair, .Bayar Bisa Dicicil dan Limit Pinjaman Tinggi, Berikut 9 Rekomendasinya

6. Manfaatkan Bonus Tahunan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: