Iklan RBTV Dalam Berita

Berikut 11 Cara Lepas dari Jeratan Pinjol, Solusi Efektif untuk Lunasi Hutang

Berikut 11 Cara Lepas dari Jeratan Pinjol, Solusi Efektif untuk Lunasi Hutang

Berikut 11 Cara Lepas dari Jeratan Pinjol, Solusi Efektif untuk Lunasi Hutang--Foto: ist

Jika mendapatkan penghasilan tambahan, misalnya dari bonus tahunan atau THR kamu bisa sisihkan untuk melunasi utang pinjol. Tingginya bunga pinjol membuat kita lebih baik melunasi pinjol dibandingkan untuk investasi. 

7. Ajukan Restrukturisasi Pinjaman

Mengajukan restrukturisasi pinjaman menjadi salah satu jalan keluar. Apalagi OJK sudah mengijinkan penyelenggara pinjol untuk bisa memberikan keringanan dalam bentuk restrukturisasi kredit. 

Biasanya, restrukturisasi ini bisa berupa diskon denda atau bunga, hingga perpanjangan masa kredit. Tergantung, hasil negosiasi dengan perusahaan pinjol.

BACA JUGA:15 Aplikasi Pinjol yang Punya DC Lapangan 2024, Siap Datangi Nasabah Galbay ke Rumah

8. Kontak Perusahan Pinjol

Daripada dikejar-kejar oleh debt collector, alangkah lebih baiknya kamu menghubungi perusahaan pinjol tersebut dan ceritakan kondisi kalian secara transparan. Sampaikan ke pinjol bahwa kalian sedang mengalami kesulitan dan berat untuk membayar kewajiban pembayaran.

Sertakan juga bukti untuk mendukung pernyataan bahwa sedang dalam kesulitan ekonomi. Dengan begitu, kalian bisa meminta keringanan kepada perusahaan pinjol dan tunjukkan komitmen ingin menyelesaikan tunggakan tersebut.

BACA JUGA:3 Kontak Untuk Melaporkan DC Lapangan Pinjol yang Menagih dengan Kasar dan Melakukan Teror, Catat!

9. Prioritaskan Utang dengan Bunga Tinggi dan Jangka Waktu Sebentar

Cara melunasi hutang pinjol yang lebih dari satu sumber adalah dengan memprioritaskan besaran hutang, bunga yang tinggi, dan jangka waktu yang singkat. Hal ini diperlukan agar dapat dengan mudah melihat seberapa besar total yang harus diusahakan secara maksimal.

Jika hutang paling banyak dan bunga yang nilainya lebih tinggi dari yang lain sudah terlunasi, maka melunasi hutang lainnya akan terasa lebih mudah. Setelah melakukan peninjauan, maka orang yang berhutang pun dapat lebih mudah melakukan tindakan yang sesuai.

BACA JUGA:3 Waktu DC Pinjol Tagih Utang ke Nasabah Menurut OJK, Nasabah Pinjol Wajib Tahu

10. Atur Pengeluaran

Mengatur pengeluaran menjadi salah satu cara melunasi hutang pinjol yang efektif. Pasalnya, seseorang dapat memprioritaskan pengeluaran yang penting dan menunda pengeluaran yang tidak penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: