Iklan dempo dalam berita

Apakah Gosok Gigi Membatalkan Puasa? Begini Dalilnya Menurut Para Ulama

Apakah Gosok Gigi Membatalkan Puasa? Begini Dalilnya Menurut Para Ulama

Apakah gosok gigi bisa membatalkan puasa?--

Untuk menyikat gigi di saat bulan ramadhan jelas tidak dilarang, sebab hal ini juga bertujuan untuk menjaga kesehatan gigi.

Hanya saja, ada waktu-waktu tertentu yang sebaiknya dihindari untuk aktivitas menyikat gigi. Nah, dibawah ini beberapa tata cara terbaiknya:

Usakan untuk menyikat gigi setelah makan berbuka karena pada saat itu, makanan dan minuman boleh masuk ke dalam perut jadi kita pun tak perlu khawatir akan tertelannya air atau pasta ke dalam kerongkongan. 

Jangan lupa untuk selalu menggosok gigi setiap selesai makan sahur, tepatnya menjelang subuh (namun sebelum adzan ya). Dengan begitu tidak ada mulut akan bersih dari sisa-sisa makanan.

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang di Pegadaian Tanpa Jaminan BPKB, Pinjaman Rp 15 Juta Bisa Dicicil Sampai 36 Bulan

Jika memutuskan menyikat di siang hari (saat berpuasa). Maka menyikatlah dengan perlahan untuk menghindari gusi tergores dan berdarah. Jika hal ini terjadi maka segera muntahkan darah tersebut.

Jika menggunakan pasta gigi, maka sebaiknya sedikit saja untuk menghindari risiko tertelan. Pelan-pelan dalam berkumur agar air tidak ikut masuk dalam rongga mulut.

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan, bahwa memang tidak ada larangan ataupun fatwa yang mengatakan bahwa menyikat gigi membatalkan puasa.

BACA JUGA:Bikin Greget, Ini Daftar 6 Hp Samsung Terbaru 2024, Punya Desain Terbaru dan Spesifikasi Gahar

Jadi bila kita ingin melakukannya diperbolehkan dengan catatan harus menyikat dengan pelan-pelan agar air dan pasta gigi tidak ikut masuk dalam mulut.

Demikianlah penjelasan apakah gosok gigi membatalkan puasa, lengkap dengan dalilnya menurut ulama. Semoga bermanfaat.

 

Nutri Septiana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: