Iklan dempo dalam berita

Apakah Gosok Gigi Membatalkan Puasa? Begini Dalilnya Menurut Para Ulama

Apakah Gosok Gigi Membatalkan Puasa? Begini Dalilnya Menurut Para Ulama

Apakah gosok gigi bisa membatalkan puasa?--

Perintah ini juga tidak mengecualikan bulan-bulan tertentu (semisal bulan Ramadhan). Yang mana berarti perintah tersebut bersifat umum untuk setiap bulan, baik berpuasa ataupun tidak.

Hadist lain yang diriwayatkan oleh Tirmidzi juga memperkuat mubahnya hukum menyikat gigi saat berpuasa. Hadist ini berbunyi:

رَأَيْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- مَا لاَ أُحْصِى يَتَسَوَّكُ وَهُوَ صَائِمٌ

“Dari sahabat Rasululloh, ia berkata: Aku pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersiwak beberapa kali hingga tidak dapat kuhitung banyaknya, meskipun saat itu beliau sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

BACA JUGA:Salah Satu HP Kelas Menengah Atas, Ini Spesifikasi Poco F5 dengan Snapdragon 7+ Gen 2

- Makruh

Tidak semua ulama menyutujui pendapat yang memperbolehkan menyikat gigi di saat berpuasa.

Beberapa ulama lain mengatakan bahwa menggosok gigi saat puasa itu makruh atau sebaiknya dihindari. Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani dalam Nihayatuz Zain menyampaikan bahwa:

“Hal yang makruh dalam puasa ada tiga belas. Salah satunya bersiwak setelah zhuhur,” (Nihayatuz Zein fi Irsyadil Mubtadi’in, cetakan Al-Maarif, halaman 195).

Menyikat gigi saat berpuasa dianggap makruh karena ditakutkan akan menyebabkan masuknya air ke dalam rongga mulut, sehingga bisa membatalkan puasa.

Pendapat lain disampaikan oleh Al-Habib Abdulah bin Husein bin Thahir dalam bukunya Is‘adur Rafiq wa Bughyatut Tashdiq:

“Bagi orang berpuasa, makruh bersiwak setelah zhuhur berdasarkan hadits, ‘Perubahan aroma mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah pada hari Kiamat daripada wangi minyak misik,’” (Is‘adur Rafiq, cetakan Al-Hidayah, halaman 117).

BACA JUGA:Tabel KUR BNI 2024 Pinjaman Rp 25-50 Juta Cicilan Ringan, Segera Lengkapi Syarat Pengajuan Berikut Ini

Bagaimana Jika Menggunakan Pasta Gigi?

Pendapat ulama tidak hanya sebatas dalam menyikat gigi. Tapi juga tata cara dalam menggosoknya, apakah menggunakan pasta atau tidak. Pasalnya pasta gigi ini memiliki rasa dan bisa terasa lidah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: