Iklan dempo dalam berita

Berapa Jumlah Rakaat Shalat Tarawih Menurut 4 Mazhab? Berikut Penjelasan Rincinya

Berapa Jumlah Rakaat Shalat Tarawih Menurut 4 Mazhab? Berikut Penjelasan Rincinya

Perbedaan jumlah rakaat shalat tarawih menurut 4 mazhab--

BACA JUGA:Pilihan Terbaik untuk Keluarga Bahagia, Begini Spesifikasi dan Simulasi Kredit Toyota Calya 2024

Adapun selain penduduk Madinah, maka ia setuju dengan mereka juga bilangan rakaatnya 20 rakaat. 

Para ulama ini beralasan bahwa shahabat melakukan salat pada masa khalifah Umar bin al-Khattab ra di bulan Ramadhan 20 rakaat atas perintah beliau.

Juga diriwayatkan oleh al-Baihaqi dengan sanad yang shahih dan lain-lainnya, dan disetujui oleh para shahabat serta terdengar diantara  mereka ada yang menolak. 

Karenanya hal itu menjadi ijma’, dan ijma’ shahabat itu menjadi hujjah (alasan) yang pasti sebagaimana ditetapkan dalam Ushul al-Fiqh.

Lalu bagaimana dengan Tarawih 8 Rakaat, Siapa ulama yang mengatakan salat tarawih 8 rakaat? 

Di Indonesia ini banyak juga yang melaksanakan salat Tarawih 8 rakaat. Adapun pendapat yang mengatakan salat Tarawih 8 rakaat di antaranya merujuk pada pendapat para ulama kontemporer seperti Syaikh Bin Baaz (wafat 1420), Syaikh al-Utsaimin (wafat 1421) dan Syaikh al-Albani (wafat 1420) rahimahumullah. 

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang di BRI Tanpa Jaminan, Pinjaman Rp 15 Juta Cair dengan Syarat Ini, Bayar Angsuran Sampai 12 Bu

Syekah Bin Baz rahimahullah mengatakan bahwa jumlah rakaat salat Tarawih itu bebas berapa saja. Boleh 23, 11 dan 13 rakaat.

Namun yang afdhal adalah 11 rakaat atau 13 rakaat saja termasuk witir di dalamnya. Fatwa beliau ini bisa kita baca dalam kitab beliau yang berjudul Majmu' Fatawa Ibn Baaz. 

Pelaksanaan Shalat Tarawih 

Salat Tarawih sama dengan salat sunnah lainnya. Yaitu dikerjakan dengan 2 rakaat salam 2 rakaat salam. Jika ada yang mengerjakannya langsung 4 rakaat salam maka salat Tarawihnya tidak sah. Kalaupun sah itu menjadi salat mutlaq biasa bukan salat. Itulah menurut pendapat Mazhab Syafi'i.

BACA JUGA:Pinjaman Online Mandiri, Siapkan Rekening Rp 25 Juta Cair, Ada Cicilan Rp 600 Ribuan

Demikianlah penjelasan jumlah rakaat shalat Tarawih menurut mazhab legkap dengan ragam penjelasannya, berserta bedanya dengan shalat Tarawih 8 rakaat. Semoga bermanfaat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: