Iklan dempo dalam berita

Sedekah Bisa Menghapus Dosa, Ini 11 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Sedekah Bisa Menghapus Dosa, Ini 11 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Keutamaan sedekah pada bulan ramadhan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sedekah bisa menghapus dosa, ini 11 keutamaan sedekah di bulan Ramadhan

Ketika bulan Ramadan tiba, Allah membuka pintu-pintu kebaikan, dan salah satu yang paling mulia adalah amalan sedekah.

Islam dengan tegas menganjurkan umatnya untuk menjadi dermawan, dan di bulan Ramadan, panggilan tersebut semakin bersemangat. 

Oleh karena itu, sebagai mukmin, sikap dermawan adalah bagian dari identitas kita. Allah dan Rasul-Nya mencontohkan serta mendorong kita untuk menjadi orang yang murah hati dan penuh kasih sayang. 

BACA JUGA:Tabel KUR BCA 2024 Terbaru, Plafon Rp10-50 Juta Angsuran Ringan, Tenor Bisa Pilih 12-60 Bulan

Penting untuk diingat bahwa kedermawanan adalah cerminan dari sifat-sifat Allah SWT yang maha pemurah, sebagaimana hadits, “Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)

Berikut ini 11 keutamaan sedekah di bulan Ramadhan

1. Sedekah dapat menghapus dosa

Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

Diampuninya dosa dengan sebab sedekah di sini tentu saja harus disertai taubat atas dosa yang dilakukan. Tidak sebagaimana yang dilakukan sebagian orang yang sengaja bermaksiat, seperti korupsi, memakan riba, mencuri, berbuat curang, mengambil harta anak yatim, dan sebelum melakukan hal-hal ini ia sudah merencanakan untuk bersedekah setelahnya agar ‘impas’ tidak ada dosa. Yang demikian ini tidak dibenarkan karena termasuk dalam merasa aman dari makar Allah, yang merupakan dosa besar. Allah SWT berfirman, “Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah? Tiada yang merasa aman dan azab Allah kecuali orang-orang yang merugi.” (QS. Al A’raf: 99)

BACA JUGA:Apakah Keluar Darah dapat Membatalkan Puasa? Begini Penjelasannya

2. Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir

Rasulullah SAW menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan di suatu, hari yang ketika itu tidak ada naungan lain selain dari Allah, yaitu hari akhir.

Salah satu jenis manusia yang mendapatkannya adalah, “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 1421)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: