Iklan dempo dalam berita

Beda Jenis Beda Kandungan, Pahami Jenis Madu Pahit Ini agar Sesuai Kebutuhan

Beda Jenis Beda Kandungan, Pahami Jenis Madu Pahit Ini agar Sesuai Kebutuhan

Jenis dan kandungan madu hitam pahit--

- Saponin: Mampu meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi lemak dalam tubuh, dan menjaga keseimbangan gula darah.

BACA JUGA:Bolehkah Memberikan Zakat Fitrah Kepada Saudara Kandung yang Fakir? Begini Hukumnya

- Alkaloid: Antioksidan alami untuk melawan radikal bebas. Bahan ini membuat rasa madunya lebih pahit. Zat ini bisa berperan sebagai antialergi yang baik.

- Kromium: Bahan kromium sangat bermanfaat untuk penderita diabetes. Fungsinya membantu kerja pankreas dalam memproduksi insulin yang dapat mengontrol gula darah.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih madu hitam. Kamu bisa memilih madu hitam berdasarkan jenis, bahan tambahan, hingga ukurannya.

1. Pilih jenis madu hitam berdasarkan asal nektarnya

Pada dasarnya, madu berasal dari muntahan nektar lebah madu. Lebah akan mengumpulkan nektar dari beragam tanaman untuk kemudian dimuntahkan dan disimpan di dalam sarang. 

BACA JUGA:Muslim Wajib Tahu, Ini Kriteria Pemberi dan Golongan Penerima Zakat Fitrah Ramadan 1445 H

Asal-usul nektar pembuat madu ini akan memengaruhi rasa dan manfaatnya. Tak hanya dari nektar pohon mahoni, kamu juga bisa menemukan madu hitam yang terbuat dari nektar lain. Berikut adalah beberapa contohnya.

- Pohon mahoni: Pohon mahoni terkenal memiliki kandungan alkaloid tinggi yang membuat warna madu jadi lebih hitam pekat dan pahit.

Berkat alkaloid yang tinggi tersebut, khasiat dari madu hitam ini jadi lebih banyak. Jenis madu hitam ini juga tinggi antioksidan dan dapat membantu meredakan peradangan.

- Pohon cemara: Madu hitam yang terbuat dari nektar pohon cemara memiliki rasa yang ringan dengan sentuhan rasa gurih.

BACA JUGA:Zakat Fitrah Ramadan 1445 H, Ini Bacaan Niat dan Doa Zakat Fitrah Lengkap

Jenis madu ini memiliki konsistensi yang kental, serta tinggi akan kandungan mineral dan potasium. Jenis madu hitam ini dapat menenangkan dan mengobati infeksi pada pernapasan dan tenggorokan.

- Multiflora: Jenis madu hitam ini berasal dari lebah madu yang mengonsumsi beragam nektar tumbuhan, termasuk tumbuhan herbal. Rasa tiap madu pun bisa berbeda, tergantung dari jenis tanamannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: