Iklan dempo dalam berita

Kabar Bahagia untuk Pemudik, Catat Ini Daftar 4 Tol Fungsional Dibuka Gratis Selama Lebaran 2024

Kabar Bahagia untuk Pemudik, Catat Ini Daftar 4 Tol Fungsional Dibuka Gratis Selama Lebaran 2024

Daftar jalan tol fungsional gratis selama lebaran 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kabar bahagia untuk pemudik, catat ini daftar 4 tol fungsional dibuka gratis selama lebaran 2024.

Jasa Marga telah menyiapkan empat ruas jalan tol fungsional untuk mudik tahun 2024, yang tidak memiliki infrastruktur selengkap jalan tol biasanya namun dapat dilalui oleh warga tanpa dipungut biaya alias gratis. 

Lisye Octaviana, Kepala Corporate Communication and Community Development Group di Jasa Marga, seperti yang dilaporkan oleh Antara pada Kamis (21/3), menjelaskan bahwa jalan tol fungsional ini dirancang untuk membantu mengurai kepadatan arus lalu lintas selama masa mudik.

BACA JUGA:Pekerja Interior Kapal Laut Terpeleset dan Tenggelam, Ditemukan Terjepit di Bawah Kapal

Pengoperasian keempat jalur fungsional ini tidak sepanjang waktu, melainkan akan dioperasikan berdasarkan diskresi pihak kepolisian sesuai dengan tingkat kepadatan lalu lintas. Keempat jalur tol fungsional untuk mudik tahun 2024 adalah sebagai berikut:

1. Jakarta-Cikampek II Selatan (segmen Sadang-Kutanegara, sepanjang 8,5 Km) - jalur ini merupakan jalan tol alternatif yang akan dibuka untuk mendukung distribusi arus balik dari Bandung dan sekitarnya ke Jakarta, sebagai upaya untuk mengurangi beban Tol Jakarta-Cikampek yang sudah sangat padat.

2. Palikanci (KM 208+150 sampai KM 210+190, penambahan dari dua menjadi tiga lajur, sepanjang 2,04 Km) - Jasa Marga menyiapkan tambahan satu lajur di Jalan Tol Palikanci untuk meningkatkan kapasitas, menjadi total tiga lajur, dengan panjang tambahan 2,04 kilometer.

BACA JUGA:Tabel Angsuran Pinang Flexi Plafon Rp 15 Juta, Proses Cair Hitungan Menit, Siapkan Rekening

3. Cipularang (KM 99, arah Jakarta ke Bandung dan sebaliknya) - Jasa Marga juga akan mengoperasikan akses tol KM 99 Jalan Tol Cipularang dari arah Jakarta atau Bandung jika diminta oleh pihak kepolisian.

4. Solo-Yogyakarta (segmen Colomadu-Ngawen, sepanjang 22,3 Km) - terdapat penambahan ruas jalur fungsional dari Colomadu hingga Ngawen sepanjang 22,3 kilometer. Pada musim mudik 2024, hanya sepanjang 13 kilometer Kartasura-Karanganom yang dioperasikan.

Jalur ini terhubung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali dan kemudian ke Jalan Nasional Yogya-Solo.

Jadwal pengoperasiannya adalah mulai pukul 06.00 hingga 17.00 pada tanggal 5-11 April 2024 (arus mudik) dan 12-15 April 2024 (arus balik), khusus untuk kendaraan golongan 1 seperti sedan, jip, pikap/truk kecil, kecuali bus.

BACA JUGA:Bahaya Pinjol Ilegal, Ini Daftar 10 Bahaya yang Mengintai, Cek juga Cirinya agar Terhindar dari Penipuan

Nah, berikut ada tambahan informasi yang penting dan bermanfaat bagi sahabat camkoha, mengenai beberapa tips untuk mudik lewat tol yang aman, nyaman, dan lancar:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: