Iklan dempo dalam berita

Ini 5 Mesjid Tua di Bengkulu, Nomor 3 Usianya Sudah 256 Tahun

Ini 5 Mesjid Tua di Bengkulu, Nomor 3 Usianya Sudah 256 Tahun

--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COMProvinsi Bengkulu memiliki bangunan mesjid yang sudah berusia ratusan tahun. Tersebar di beberapa daerah.

BACA JUGA:Desa Kota Agung Heboh, Sopir Truk Fuso Ditemukan Meninggal Dunia saat Tidur

Saat ini walau sudah berusia ratusan tahun, bangunan masjid tetap tegak. Mesjid tertua itu yakni Mesjid Syuhada di Kelurahan Dusun Besar, Mesjid Al Ikhlas di Desa Padang Betuah, Mesjid Al Jihad di Talo, Mesjid Al Mujahidin dan Mesjid Jamik.

Sekarang mari kit aulas satu per satu. Dari lima bangunan masjid tua di atas, ada yang paling tua. Usianya ada yang sudah 256 tahun.

BACA JUGA:Saudara Diganggu, Pria Ini Balas dengan Parang Sepanjang 80 Cm

1. Mesjid Al Jihad Kabupaten Seluma

Mesjid ini terletak di Desa Pasar Talo, Kecamatan Ilir Talo, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Masjid dibangun tahun 1918. Pembangunannya dipelopori oleh seseorang bernama H. Muhammad Ta’ib, merupakan perantau dari Padang, Sumatera Barat. 

BACA JUGA:Ini Jadwal Imsakiyah dan Berbuka Selama Ramadan 1444 H Wilayah Kabupaten Bengkulu Utara

Mesjid Al Jihad merupakan salah satu mesjid bersejarah yang ada di Kabupaten Seluma. Mesjid ini mempunyai ciri khas Minang, yaitu di bagian pintu masuk depan dibangun gapura khas Minang.

2. Mesjid Al-Mujahidin Kota Bengkulu

Mesjid yang berdiri sekitar tahun 1850 ini berada di Pasar Bengkulu, Kecamatan Teluk Segar, Kota Bengkulu. Dahulunya berdiri di sekitar pemandian (batang air) atau tempat pemandian dangkal yaitu suatu tempat pemandian para dewa, karena di sekitar tempat tersebut banyak terdapat sumur-sumur tua. 

BACA JUGA:Idap Penyakit Langka, Wajah Pria Tampan Ini Dipenuhi Rambut

Ceritanya di areal lokasi mesjid ini dulunya menjadi arena “sabung ayam”. Orang yang pertama kali membangun adalah seorang pemuka masyarakat setempat yang bernama H. Setir, sekitar tahun 1920.

3. Mesjid Syuhada Kota Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: