Iklan dempo dalam berita

Apakah Sebelum Sholat Idul Fitri Wajib Sarapan? Simak Penjelasannya di Sini

Apakah Sebelum Sholat Idul Fitri Wajib Sarapan? Simak Penjelasannya di Sini

Sebelum sholat Idul Fitri haruskah sarapan?--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Apakah sebelum sholat idul fitri wajib sarapan? simak penjelasannya di sini

Dalam momen yang penuh kebahagiaan dan spiritualitas mendalam menjelang pelaksanaan sholat Idul Fitri, seringkali muncul pertanyaan yang menggelitik pikiran umat Muslim, apakah wajib untuk sarapan sebelum melaksanakan ibadah tersebut? 

BACA JUGA:Kenapa Ketupat Identik Saat Perayaan Idul Fitri? Ternyata Begini Cerita dan Maknanya

Pertanyaan ini mencerminkan keinginan untuk memahami dengan lebih mendalam tentang praktik agama dan tata cara ibadah yang tepat dalam menyambut momen penting ini. 

Oleh karena itu, mari kita eksplorasi bersama penjelasan yang komprehensif dan mendalam mengenai apakah sarapan sebelum sholat Idul Fitri merupakan sebuah keharusan, serta bagaimana hal ini berkaitan dengan ajaran dan sunnah yang telah ditetapkan oleh Rasulullah SAW.

Sebagai panduan bagi umat Muslim, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sebelum sholat Idul Fitri, sebagaimana yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW yang memakan beberapa butir kurma sebelum menuju masjid untuk melaksanakan shalat Idul Fitri. 

Sebelum melaksanakan sholat Ied, dianjurkan untuk makan di pagi hari dan hal inilah yang membedakan sholat Idul Fitri dengan sholat Idul Adha di mana saat sebelum sholat Idul Adha kita tidak dianjurkan untuk makan. 

Hal ini dimaksudkan bahwa pada hari Raya Idul Fitri umat Islam tidak lagi melakukan ibadah puasa seperti sebelumnya pada bulan Ramadan.

BACA JUGA:Pahami Niat dan Tata Cara Mandi Keramas Sebelum Sholat Idul Fitri

Sebagaimana hadis Rasulullah ﷺ

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لاَ يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ وَلاَ يَأْكُلُ يَوْمَ الأَضْحَى حَتَّى يَرْجِعَ فَيَأْكُلَ مِنْ أُضْحِيَّتِهِ

“Rasulullahﷺ biasa berangkat sholat Ied pada hari Idul Fitri dan beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari sholat Ied baru beliau menyantap hasil qurbannya.”

Selain disunahkan makan terlebih dahulu sebelum sholat idul fitri, ada juga amalan sunnah lainnya yang di anjurkan Rasulullah SAW, yaitu.

1. Mandi dan Menyucikan Diri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: