Iklan dempo dalam berita

Penting untuk Tahu, Ini Contoh Infaq dan Hukumnya dalam Islam

Penting untuk Tahu, Ini Contoh Infaq dan Hukumnya dalam Islam

Hukum berinfaq dalam Islam--

Hukum infaq adalah wajib apabila infaq tersebut dilakukan kepada orang-orang yang menjadi tanggung jawab si penginfaq, seperti anak, istri, dan orang tua.

Dalam hal ini, zakat fitrah dan zakat mal juga termasuk kategori infaq wajib. Allah SWT berfirman,

فَاتَّقُوا اللّٰهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَاسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا وَاَنْفِقُوْا خَيْرًا لِّاَنْفُسِكُمْۗ وَمَنْ يُّوْقَ شُحَّ نَفْسِهٖ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ ١٦

Artinya: "Bertakwalah kamu kepada Allah sekuat kemampuanmu! Dengarkanlah, taatlah, dan infaqkanlah harta yang baik untuk dirimu! Siapa yang dijaga dirinya dari kekikiran, mereka itulah orang-orang yang beruntung." (QS At Taghabun: 16)

BACA JUGA:Harga Tiket TMII Jakarta untuk Libur Lebaran, Kabarnya Ada Kenaikan

2. Sunnah

Hukum infaq menjadi sunnah ketika harta tersebut diberikan kepada orang lain yang membutuhkan, seperti berinfaq kepada anak-anak yatim, kaum fakir miskin, memberikan sumbangan untuk lembaga-lembaga sosial, dan sebagainya.

Allah SWT berfirman,

اَلَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً فَلَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ ٢٧٤

Artinya: "Orang-orang yang menginfaqkan hartanya pada malam dan siang hari, baik secara rahasia maupun terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan tidak (pula) mereka bersedih." (QS Al Baqarah: 274)

BACA JUGA:Update Harga Tiket Jakarta Aquarium Safari Lebaran 2024 serta Cara Beli Tiketnya

3. Haram

Ada juga hukum infaq yang haram. Hukum ini berlaku apabila memberikan harta untuk hal-hal yang dilarang, seperti memberikan sumbangan dana untuk kegiatan-kegiatan yang bertentangan dengan agama atau bermaksiat kepada-Nya.

Allah SWT telah berfirman,

اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ لِيَصُدُّوْا عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗفَسَيُنْفِقُوْنَهَا ثُمَّ تَكُوْنُ عَلَيْهِمْ حَسْرَةً ثُمَّ يُغْلَبُوْنَ ەۗ وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِلٰى جَهَنَّمَ يُحْشَرُوْنَۙ ٣٦

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: