Iklan dempo dalam berita

Asal Usul Kupat Tahu, Makanan Khas Indonesia yang Memiliki Sejarah yang Kaya

Asal Usul Kupat Tahu, Makanan Khas Indonesia yang Memiliki Sejarah yang Kaya

Sejarah kupat tahu sebagai salah satu hidangan lebaran--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Asal usul kupat tahu, makanan khas Indonesia yang memiliki sejarah yang kaya.

Dalam perjalanan yang melintasi reruntuhan zaman, terseliplah sebuah cerita yang kaya akan kearifan lokal dan kelezatan cita rasa Kupat tahu, sebuah hidangan khas Indonesia yang menjelma menjadi simbol dari kekayaan budaya kuliner Nusantara. 

Mengungkap asal-usulnya bukan hanya sebuah pengembaraan dalam pencarian rasa, tetapi juga sebuah penelusuran sejarah yang membawa kita kembali pada akar-akar peradaban yang menceritakan kisah keberlanjutan tradisi kuliner Indonesia.

BACA JUGA:Oh Ternyata Ini Asal Usul Ketupat hingga Menjadi Simbol dan Makanan Khas Lebaran

Tahu, yang berasal dari kedelai yang telah melalui proses fermentasi dan diolah menjadi blok padat, menjadi inti dari sebuah hidangan yang tak hanya menggugah selera, tetapi juga memikat hati dengan kelezatan bumbu kacangnya. 

Bumbu kacang yang meriah, terbuat dari kacang tanah yang digiling halus dan dicampur dengan rempah-rempah seperti bawang putih, cabai, gula, dan garam, menjadi paduan sempurna untuk melengkapi rasa tahu yang gurih.

Dalam penyajiannya, kupat tahu menjadi sebuah karya seni kuliner yang memikat, di mana ketupat dipotong-potong dan diletakkan di atas piring. Potongan tahu yang telah digoreng hingga berwarna kecokelatan juga dipersiapkan dan diatur dengan indah di sekitar ketupat. 

BACA JUGA:Mengulik Adat Istiadat, Apasih Sebenarnya Filosofi Ketupat saat Hari Raya Lebaran?

Kemudian, bumbu kacang yang kaya rasa dituangkan dengan lembut di atas ketupat dan tahu. Tak lupa, beberapa sentuhan tambahan seperti tauge segar, irisan mentimun, dan daun seledri seringkali menambahkan keindahan visual dan cita rasa pada hidangan ini.

Asal-usul kupat tahu dapat dilacak kembali hingga zaman Kerajaan Majapahit di Indonesia, di mana hidangan ini dikenal dengan nama "tahu kupat".

Populer di kalangan bangsawan maupun rakyat jelata pada masa itu, kupat tahu telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari di daerah Jawa selama berabad-abad. 

BACA JUGA:Makanan di Hari Lebaran! Ini Asal Usul Ketupat Palas, Ini Resep dan Cara Pembuatannya

Meskipun awalnya lebih dikenal di Jawa Tengah dan Jawa Timur, namun seiring berjalannya waktu, hidangan ini merambah ke seluruh penjuru Indonesia, mengalami variasi dalam penyajiannya sesuai dengan selera dan budaya lokal.

Tak hanya sekadar hidangan lezat, kupat tahu juga memiliki nilai budaya yang tinggi. Sebagai simbol kebersamaan dan kekeluargaan, hidangan ini sering disajikan dalam acara-acara keluarga, seperti perayaan lebaran atau acara perayaan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: