Iklan dempo dalam berita

Mengungkap Pencarian dan Penemuan Harta Karun Nabi Sulaiman, Ini Fakta dan Petunjuknya

Mengungkap Pencarian dan Penemuan Harta Karun Nabi Sulaiman, Ini Fakta dan Petunjuknya

Jejak dan pencarian harta karun Nabi Sulaiman--

Dari penggalian yang dilakukan para peneliti, harta yang ditemukan dan diyakini sebagai kekayaan Raja Sulaiman bukanlah berupa perak, emas, ataupun berlian, melainkan bijih tembaga.

BACA JUGA:Ada Ruam di Tangan? Hati-hati, Kenali Gejala HFMD atau Flu Singapura pada Orang Dewasa

Penemuan Harta Nabi Sulaiman

Ketika melakukan pencarian di tambang Great Rift Valley, Nelson Glueck menemukan bekas pabrik peleburan tembaga di sana. Menurutnya, sumber kekayaan sebenarnya Raja Sulaiman adalah tembaga tersebut.

Setelah penemuannya itu diragukan, muncul pernyataan kalau orang Mesir Kuno yang membangun sebagian besar tambang di wilayah itu pada abad ke-13 SM. Teori ini didukung oleh penemuan sebuah kuil Mesir di kompleks tersebut pada 1969.

Namun, pada pencarian di 2008 peneliti menemukan lokasi pertambangan Khirbat en-Nahas di Yordania yang menurut bukti arkeologis sudah ada sejak abad 10 SM.

Penggalian berikutnya di Situs 30, lokasi kamp peleburan tembaga ditemukan. Kamp ini diyakini juga telah berdiri pada waktu yang sama dengan tambang di Yordania.

BACA JUGA:Ternyata di Aceh Ada Harta Karun Emas yang Jumlahnya Cukup Banyak, Letaknya di Wilayah Berikut

Saat tim Dr Ben-Yousef melakukan penggalian di Slave's Hill, Lembah Timna, mereka menemukan lusinan tungku yang digunakan untuk melebur tembaga dan lapisan terak tembaga.

Bukan hanya itu, mereka juga menemukan harta benda pribadi seperti pakaian, kain dan peralatan, keramik, serta sisa-sisa berbagai jenis makanan yang menunjukkan adanya bekas pemukiman di lokasi tersebut.

Artefak dari situs Slave's Hill ini kemudian dibawa ke Universitas Oxford untuk memastikan usianya berasal dari abad ke-10 SM atau bukan, dan memperkuat keyakinan mereka bahwa situs tersebut bukan bekas milik Mesir tapi Raja Sulaiman.

Karena diketahui, tembaga merupakan logam paling dicari dan paling berharga secara ekonomi pada zaman Nabi Sulaiman. Tembaga menjadi bahan terpenting dan paling menguntungkan lantaran digunakan dalam berbagai sektor kehidupan saat kala itu.

BACA JUGA:Update Terbaru, Segini Harga Emas Perhiasan 24 Karat Hari Ini

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai sumber kekayaan Nabi Sulaiman yang ditemukan para arkeolog. Semoga menjadi informasi yang membantu!

Sebagai tambahan, berikut 3 petunjuk keberadaan harta karun Sulaiman yang diambil dari berbagai sumber:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: