Iklan dempo dalam berita

Selain 'Tangan Tuhan' Maradona, Ini 5 Momen Kontroversial Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Selain 'Tangan Tuhan' Maradona, Ini 5 Momen Kontroversial Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Selain 'Tangan Tuhan' Maradona, Ini 5 Momen Kontroversial Sepanjang Sejarah Piala Dunia--Foto: ist

Namu, perjalanan Korea Selatan harus terhenti oleh Jerman di babak semifinal usai takluk dengan skor 0-1.

4. Pertempuran Nuernberg antara Belanda vs Portugal pada Piala Dunia 2006

Pertandingan antara Belanda vs Portugal selalu diingat sebagai pertandingan paling panas sepanjang sejarah Piala Dunia.

Pada pertandingan itu dikenal sebagai 'Pertempuran Nuernberg' yang mana pada laga tersebut wasit cukup sering mengeluarkan kartu.

Pertandingan tersebut dipimpin oleh wasit Rusia, Valentin Ivanov. Sepanjang laga Ivanov cukup banyak mengeluarkan kartu, di antaranya adalah 4 kartu merah dan 16 kartu kuning. Hal tersebut menjadi rekor dalam sejarah Piala Dunia.

Hal tersebut bermula ketika pelatih Belanda saat itu, Marco van Basten diberikan peringatan pada jalan yang baru berjalan dua menit.

Beberapa momen kontroversial lainnya pun berlanjut, seperti Luis Figo yang hanya mendapat kartu kuning usai menanduk Mark van Bommel. Padahal seharusnya tindakan Figo itu layak diganjar kartu merah.

Namun, keberuntungan serupa tak didapat oleh Tim Oranje, yang mana Khalid Boulahrouz harus mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-62 usai tangannya mengenai wajah Luis Figo ketika berduel. Laga tersebut akhirnya dimenangkan oleh Portugal dengan skor 1-0 melalui gol dari Maniche.

5. Dianulirnya gol Frank Lampard pada Piala Dunia 2010

Momen gol hantu Frank Lampard ketika melawan Jerman di babak 16 besar Piala Dunia 2010 menjadi salah satu momen yang cukup kontroversial di Piala Dunia.

Bagaimana tidak, setelah Matthew Upson memperkecil kedudukan menjadi 2-1 dari Jerman. Inggris sebenarnya bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2 jika saja gol jarak jauh Frank Lampard ke gawang Manuel Neuer tidak dianulir.

Sebagai informasi, pada waktu itu tembakan jarak jauh dari Frank Lampard melesat ke sisi bawah mistar meskipun ada upaya penyelamatan dari Manuel Neuer dari luar garis gawang. Hal itulah membuat para pemain Inggris merayakan gol Lampard.

Namun, hakim garis Mauricio Espinosa dan wasit Jorge Larrionda sama-sama tidak bergeming dan permainan dilanjutkan. Inggris tampak marah karena golnya tidak disahkan. Padahal pada tayangan ulang bola sudah jelas melewati garis gawang.

Dari insiden tersebut, menjadi cikal bakal FIFA untuk menciptakan teknologi garis gawang yang bertujuan untuk meminimalisir kesalahan yang sama. Pada pertandingan tersebut The Three Lions dibungkam 4-1 oleh Jerman

Itulah 5 momen kontroversial sepanjang sejarah Piala Dunia sepak bola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: