Iklan dempo dalam berita

Tambang Harta Karun di Papua, Segini Produksi Perak Big Gossan Underground Papua

Tambang Harta Karun di Papua, Segini Produksi Perak Big Gossan Underground Papua

Cadangan harta karun perak di Papua--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMTambang harta karun di Papua, segini produksi perak Big Gossan Underground Papua.

Tambang Big Gossan Underground yang terletak di Provinsi Papua, Indonesia, merupakan salah satu daerah penghasil perak terbesar di negara ini. 

Tambang harta karun ini dimiliki oleh Mining Industry Indonesia dan memproduksi sekitar 919,06 ribu ons perak pada tahun 2022 lalu. Faktor geologi dan kondisi tanah di wilayah ini memungkinkan untuk produksi perak dalam jumlah besar.

BACA JUGA:5 Kericuhan Sepak Bola Paling Mengerikan yang Hilangkan Ratusan Nyawa, Salah Satunya di Indonesia

Tambang Big Gossan menggunakan metode penambangan blasthole stoping dengan delayed paste backfillOre body Big Gossan berbentuk tabular dan hampir vertikal, dengan dimensi perkiraan 1.200 meter sepanjang strike dan 800 meter ke bawah dengan ketebalan bervariasi dari 20 meter hingga 120 meter. 

Tambang harta karun ini berlokasi di distrik pertambangan Ertsberg, Papua, Indonesia, dan merupakan bagian dari operasi pertambangan Grasberg yang lebih besar, yang juga mencakup tiga tambang bawah tanah lainnya, yaitu DOZ, DMLZ, dan Big Gossan.

Tambang ini memiliki peran penting dalam mendukung ekonomi nasional dan industri pertambangan global. Selain perak, tambang ini juga mengandung tembaga dan emas. Dengan produksi yang signifikan, Big Gossan menjadi salah satu sumber utama perak di Indonesia.

BACA JUGA:Selain 'Tangan Tuhan' Maradona, Ini 5 Momen Kontroversial Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Sementara itu, perak merupakan salah satu unsur kimia yang dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ag dan nomor atom 47. Lambang kimia Perak tersebut berasal dari bahasa Latin Argentum. 

Perak telah lama dinilai sebagai logam mulia. Meskipun kadar mulia dan nilai ekonomisnya tidak sama dengan emas, namun keberadaannya di alam lebih melimpah.

Selain itu perak memiliki sifat yang elastis mirip seperti emas sehingga mudah dibentuk meskipun lebih sulit dari emas.

Untuk diketahui bahwa perak terjadi secara alamiah dalam bentuk murni, bentuk bebas (perak asli), sebagai paduan dengan emas dan logam lainnya.

BACA JUGA:Setelah Dikeruk Bertahun-tahun, Seperti Ini Kondisi Tambang Harta Karun Tujuh Bukit Jawa Timur

Perak kebanyakan terdapat bersamaan dan berasosiasi dengan logam-logam lain seperti emas tembaga, platina, besi, dan seng. Perak dan emas banyak terdapat di dalam batuan andesit tua sebagai batuan induknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: