Iklan dempo dalam berita

Di Kalimantan Tengah Ada Desa Emas, Punya Cadangan Harta Karun 40 Juta Ton Emas, Ini Titik Lokasinya

Di Kalimantan Tengah Ada Desa Emas, Punya Cadangan Harta Karun 40 Juta Ton Emas, Ini Titik Lokasinya

Cadangan emas di Kalimantan Tengah melimpah ruah--

Namun kegiatan penambangan masih dilakukan dengan metode yang relatif sederhana oleh masyarakat lokal. 

Begitu mereka menemukan lokasi yang diduga kaya akan emas, para penambang akan menggali tanah hingga mencapai lapisan pasir.

Kemudian, proses penyedotan tanah dilakukan menggunakan mesin penyedot khusus yang terhubung dengan mesin lain yang dirancang khusus untuk menyaring pasir dengan air, sehingga proses pemisahan emas dari material lainnya dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Pada tahap penyaringan tersebut, proses pemisahan bijih emas dari material lainnya akan terjadi. Dalam setiap usaha penyedotan, ada peluang bagi para penambang untuk mendapatkan bijih emas yang berharga, dengan perkiraan berat sekitar 1 hingga 2 ons, apabila keberuntungan sedang berpihak pada mereka.

BACA JUGA:Pinjaman UMKM BNI Bunga Rendah, Perhatikan Syarat Pinjam Uang hingga Rp 500 Juta

Selain metode penyedotan, terdapat juga sistem penambangan emas yang menggunakan metode Lanting, di mana penambangan dilakukan di tengah sungai dengan menggunakan alat penyaring yang terapung. 

Selain itu, masih ada pula masyarakat yang mempraktikkan sistem penambangan emas secara tradisional dengan menggunakan alat penyaring kayu berbentuk bulat, menyerupai piringan hitam yang besar.

Menariknya, para pencari emas di tambang tersebut mayoritas adalah warga setempat, yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengoperasikan alat-alat tersebut dengan efektif. 

Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas penambangan emas ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat setempat di wilayah tersebut.

BACA JUGA:KUR untuk Usaha Apa Saja? Ini 6 Sektor Usaha Prioritasnya, Bisa Pinjam Rp 100 Juta

Kalimantan Tengah juga termasuk dalam 5 provinsi sumber emas di Indonesia. Selain Kalimantan Tengah lalu, provinsi mana saja yang menjadi sumber emas di Indonesia? Berikut 5 provinsi Indonesia yang menghasilkan emas terbesar

1. Provinsi Papua Tengah, terutama daerah di kabupaten Mimika, Papua, adalah salah satu daerah pertambangan emas terbesar di Indonesia.

PT Freeport mengelola tambang emas di sana dan mampu menghasilkan sekitar 240 kilogram emas setiap harinya. Bahkan, cadangan emas di tanah tersebut mencapai jumlah yang mengesankan, yaitu sekitar 1.76 juta ton.

2. Provinsi Nusa Tenggara Barat, terutama di tanah Sumbawa, menjadi tempat bagi tambang Batu Hijau, yang merupakan daerah penghasil emas terbesar kedua di Indonesia. Di sana terdapat cadangan emas mentah sebanyak 2.77 juta ons.

BACA JUGA:Pinjaman BRI untuk PNS dan PPPK, Plafon Rp 10 Juta - Rp 60 Juta Tenor Capai 60 Bulan, Begini Syaratnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: