Iklan dempo dalam berita

Hewan Apa Saja Yang Masuk Surga? Apakah Hewan Peliharaan Seperti Kucing Juga Termasuk? Berikut Penjelasannya

Hewan Apa Saja Yang Masuk Surga? Apakah Hewan Peliharaan Seperti Kucing Juga Termasuk? Berikut Penjelasannya

Hewan Apa Saja Yang Masuk Surga? --

Artinya: "Sesungguhnya, Allah akan mengumpulkan seluruh makhluk hidup [di hari pembalasan]. [Yang mana termasuk] setiap hewan, burung, dan manusia. Kemudian, Allah akan mengatakan pada hewan-hewan dan burung-burung: "Berubahlah menjadi tanah"." (Tafsir Al-Thabari 24/12).

BACA JUGA:Hukum Menggunakan Parfum Bagi Wanita Muslim Boleh atau Haram? Simak Penjelasannya di Sini

Dari tafsir tersebut, menjelaskan bahwa keadaan dan situasi manusia dengan hewan tidaklah sama. Di hari pembalasan, setiap yang bernyawa pasti mendapatkan balasan atas apa yang telah diperbuatnya selama di dunia.

Namun, hewan tidak akan diadili oleh Allah SWT. Hewan tidak diadili berdasarkan perbuatan baik atau buruknya, sehingga mereka tidak akan ditempatkan di surga seperti yang akan didapatkan oleh orang saleh, melainkan akan berubah wujud menjadi tanah.

BACA JUGA:Para Muslimah Sudah Tahu Belum, Apa Saja 8 Perkara yang Diharamkan Bagi Wanita Muslim Ketika Haid dan Nifas

Meskipun demikian, Allah SWT tetap menciptakan setiap ciptaan-Nya dengan kesempurnaan. Sesuai dengan hadist riwayat Muslim, berikut ini.

‏ إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ الإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ

Artinya: "Sesungguhnya Allah telah menetapkan ihsan (kemahiran, kesempurnaan) pada semua ciptaan-Nya." (HR. Muslim 1955).

Dari penjelasan tersebut, meskipun hewan tidak akan masuk surga tetapi sebagai manusia, berbuat baik kepada sesama ciptaan Allah SWT merupakan sebuah kewajiban. Termasuk berbuat hal-hal baik kepada makhluk hidup lain, seperti hewan, tumbuhan, dan alam.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah! Berikut Daftar Merk Kurma Israel yang Diharamkan MUI

Demikianlah itulah hewan apa saja yang masuk surga dan penjelasan  apakah hewan peliharaan seperti kucing juga termasuk.

(Sheila Silvina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: