Iklan dempo dalam berita

Tanpa Bunga, Ada 3 Perusahaan Fintech Pinjaman Online yang Cocok untuk Mahasiswa

Tanpa Bunga, Ada 3 Perusahaan Fintech Pinjaman Online yang Cocok untuk Mahasiswa

3 Perusahaan Fintech Pinjaman Online yang Cocok untuk Mahasiswa--

4. Bisa berdampak pada sulitnya mendapat pekerjaan

Hal ini akan sangat berdampak terutama untuk mahasiswa yang ingin bekerja pada industri keuangan. Kini mulai banyak perusahaan yang mempertimbangkan seleksi ketat untuk calon karyawannya berdasarkan status kolektabilitas kredit. 

Kolektabiltas kredit sendiri merupakan tingkatan skor kredit dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang dinilai berdasarkan kemampuan membayar debitur (ketepatan pembayaran pokok dan bunga). 

BACA JUGA:Cara Mengajukan Pinjaman KSM Melalui Livin Mandiri, Cek Simulasi Cicilan Rp 70 Juta

Status kolektabilitas kredit sendiri diatur oleh bank sentral dan dibagi menjadi lima kategori, yakni Lancar (Kol 1), Dalam Perhatian Khusus (Kol 2), Kurang Lancar (Kol 3), Diragukan (Kol 4), dan Macet (Kol 5). 

Kategori ini mencerminkan kemampuan seseorang dalam membayar angsuran kreditnya tepat waktu. Ketika seseorang berstatus Lancar dan Dalam Perhatian Khusus dalam perbankan termasuk dalam Performing Loan, sementara status Kurang Lancar, Diragukan, dan Macet masuk dalam Non-Performing Loan. 

BACA JUGA:Begini Cara Mengajukan Pinjaman KSM Melalui Website, Pinjam Rp 40 Juta Proses Cair Cepat

Ketika seorang pelamar pekerjaan memiliki status Macet, tentu akan berdampak negatif jika perusahaan tersebut menggunakan status kredit sebagai salah satu pertimbangan dalam proses seleksi.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pinjaman online memiliki risiko yang berbahaya bagi mahasiswa.

BACA JUGA:14 Ide Join Usaha Makanan Terbaru 2024 yang Sangat Menguntungkan, Yakin Ga Mau Coba

Tingginya tingkat bunga dan biaya tambahan, risiko terjerat dalam utang yang sulit dilepaskan, serta ancaman kebocoran data pribadi menjadi beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil pinjaman online. 

Selain itu, pinjaman online juga dapat berdampak pada kesejahteraan mental dan prestasi akademis mahasiswa, serta mempersulit mereka dalam mendapatkan pekerjaan di masa depan.

BACA JUGA:Hanya Bermodalkan HP, Raup Keuntungan dengan Join Bisnis Online Ini, Cocok untuk Semua Usia

Demikianlah ulasan mengenai, tanpa bunga, ini pinjaman online cocok untuk mahasiswa.

(Purti Nurhidayati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: