Iklan dempo dalam berita

Daerah Penghasil Gas Alam di Aceh, Sejarah Ladang Gas Alam, Hingga Dijuluki Kota Petro Dollar

Daerah Penghasil Gas Alam di Aceh, Sejarah Ladang Gas Alam, Hingga Dijuluki Kota Petro Dollar

Daerah Penghasil Gas Alam di Aceh--

Dengan perhatian besar dari pemerintah, Presiden Soeharto meresmikan PT Arun Natural Gas Liquefaction Co. pada tanggal 19 September 1978.

PT Arun sukses mendominasi ekspor gas alam terbesar di dunia pada dekade 90-an. Prestasi ini mengangkat Lhokseumawe sebagai kota Petro Dollar, menandakan kontribusi signifikan terhadap devisa negara.

BACA JUGA:Manfaat Minyak Bumi Apa Saja? Simak 10 Kegunaannya Bagi Kehidupan, Berserta Keuntungan

Aktivitas PT Arun Natural Gas Liquefaction Co. tidak hanya menciptakan devisa melalui ekspor gas, tetapi juga mendorong pertumbuhan industri lain yang bergantung pada gas untuk produksinya.

Perusahaan seperti PT Pupuk Iskandar Muda, PT Asean Aceh Fertilizer, dan PT Kertas Kraf Aceh turut berkontribusi dalam menggerakkan ekonomi kota ini, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

BACA JUGA:Ini Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia, Tembus 3,93 Miliar Barel

Selain kekayaan gas alamnya, Lhokseumawe memiliki keunggulan komparatif karena dilintasi oleh Garis Komunikasi Laut (Sea Lines of Communication), yang menjadi jalur maritim utama untuk perdagangan, logistik, dan angkatan laut.

Optimalisasi potensi ini dilakukan melalui pengelolaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe. Beroperasi sejak 14 Desember 2018, KEK Arun Lhokseumawe fokus pada sektor energi, petrokimia, agroindustri, dan logistik, diharapkan dapat memperkuat aktivitas ekonomi di Lhokseumawe dan sekitarnya, serta memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

BACA JUGA:Ini Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia, Tembus 3,93 Miliar Barel

Dari sejarahnya yang kaya akan warisan budaya hingga prestasi ekonominya yang gemilang, Lhokseumawe tak henti memberikan kontribusi besar bagi Aceh dan Indonesia. 

Dengan kekayaan alamnya yang melimpah, seperti gas alam yang menjadi tulang punggung ekonominya, serta upaya pengembangan melalui KEK Arun Lhokseumawe, kota ini terus menjelma sebagai pusat perdagangan dan industri yang penting. 

BACA JUGA:Bisa Bikin Warga 1 Provinsi Kaya, Berikut Daerah yang Memiliki Harta Karun Minyak Bumi

Dengan harapan akan terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakatnya, Lhokseumawe tetap menjadi cerminan kebanggaan bagi bangsa ini. Semoga informasi ini bermanfaat!

(Sheila Silvina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: