Iklan dempo dalam berita

3 Titik Lokasi Harta Karun Emas Murni di Perut Bumi Bengkulu, Pemburu Harta Karun Australia Terjun Langsung

3 Titik Lokasi Harta Karun Emas Murni di Perut Bumi Bengkulu, Pemburu Harta Karun Australia Terjun Langsung

3 Titik Lokasi Harta Karun Emas Murni di Perut Bumi Bengkulu, Pemburu Harta Karun Australia Terjun Langsung--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 3 titik lokasi harta-karun emas murni di perut bumi Bengkulu, pemburu harta karun Australia terjun langsung.

Bengkulu adalah sebuah provinsi yang berada di bagian barat Pulau Sumatera. Dari sejarahnya, tercatat penjajah asing yang pertama menguasai Bengkulu adalah Inggris. 

BACA JUGA:Harta Karun Cair Lumbung Energi Nasional, Ini Potensi dan Lokasi Cadangan Minyak Bumi di Jawa Timur

Perusahaan dagang Hindia Timur Inggris (British East India Company atau EIC), sejak 1685 telah mendirikan pusat perdagangan lada di daerah ini. Yaitu setelah pelabuhan Banten jatuh ke tangan perusahaan dagang Belanda (VOC), dan EIC dilarang berdagang di Banten.

Untuk mengukuhkan kekuasaannya, pihak Inggris (EIC) bahkan kemudian membuat benteng yang besar dan kokoh di Bengkulu, yaitu Benteng Marlborough yang dibangun pada tahun 1713-1719. Benteng Marlborough masih berdiri sampai sekarang. Kini benteng ini menjadi tujuan wisata yang diminati para wisatawan yang datang ke Bengkulu.

BACA JUGA:Harta Karun Logam Tanah Jarang Jadi yang Terlangka di Dunia dan Ada di Indonesia, Cek Lokasinya

Seiring berjalannya waktu, ketika itu EIC merasa tempat itu tidak menguntungkan, karena ternyata lada yang dihasilkan tidak mencukupi. Maka, melalui perjanjian Inggris-Belanda atau Traktat London pada Tahun 1824, wilayah Bengkulu tersebut diserahkan kepada Belanda, dengan imbalan Tumasik atau Singapura diserahkan kepada Inggris. Sejak perjanjian itu Bengkulu menjadi bagian dari Hindia Belanda.

3 Titik Lokasi Harta Karun Emas Murni Di Perut Bumi di Bengkulu

Provinsi Bengkulu ini terletak di bagian barat baya Pulau Sumatra dan pantai barat di bagian selatan Pulau Sumatera yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung pada wilayah sekitarnya.

BACA JUGA:Harta Karun Senilai Rp 30.000 Triliun Masih Tersimpan di Papua, Belum Digarap dan Lokasinya Berisiko

Pada tahun 2020, jumlah penduduk provinsi Bengkulu ini sebanyak 2.091.314 jiwa, dengan kepadatan 105 jiwa/km².

Provinsi Bengkulu terletak di bagian Barat Daya Pulau Sumatera dan berada di pantai barat bagian Selatan Pulau Sumatera yang berhadapan langsung dengan garis pantai Samudera Hindia di sisi barat provinsi tersebut.

Dengan luas wilayah yang hanya sebesar 19.919,33 km2, Provinsi Bengkulu merupakan provinsi terkecil urutan pertama di daratan Pulau Sumatera dan provinsi terkecil urutan kesepuluh di Indonesia.

Namun, apabila di tambah dengan provinsi yang berbentuk kepulauan yang terpisah dari daratan Pulau Sumatera, Provinsi Bengkulu merupakan provinsi terkecil urutan ketiga dari sepuluh provinsi yang terdapat di Pulau Sumatera, setelah Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: