Iklan dempo dalam berita

Harta Karun Raksasa! di Sini Lokasi Tambang Minyak dan Gas Bumi Aceh

Harta Karun Raksasa! di Sini Lokasi Tambang Minyak dan Gas Bumi Aceh

Lokasi Tambang Minyak dan Gas Bumi Aceh--

Laut ini memiliki panjang 1200 km (utara-selatan) dan lebar 650 km (timur-barat), dengan luas 798.000 km2.

BACA JUGA:Bikin Kaget! Potensi Harta Karun Bijih Besi Sumatera Barat hingga 75 MT Ton, Lokasinya di Sini

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif juga mengungkapkan adanya temuan cadangan gas jumbo di laut lepas Andaman, lepas pantai Aceh, di antaranya berada di Blok Andaman II dan South Andaman.

Arifin mengungkapkan temuan gas bumi di wilayah tersebut merupakan "giant discovery" alias temuan raksasa. Rinciannya, yakni di sumur Timpan-1 Blok Andaman II yang dioperasikan oleh Premier Oil sekitar 5,5 triliun kaki kubik (TCF).

BACA JUGA:Harta Karun Batu Bara Melimpah di Sumatera Barat! di Sini Lokasinya

Sementara, di sumur eksplorasi Layaran-1 yang berada di Blok South Andaman oleh perusahaan energi asal Uni Emirat Arab (UEA) Mubadala Energy memiliki potensi mencapai 6 triliun kaki kubik (TCF) gas-in-place.

"Jadi Andaman yang sebelumnya itu ada implikasi kurang lebih 5,5 TCF tanpa kondensat. Kemudian yang Andaman (South Andaman) terakhir ini 6 TCF. Tapi masih akan kita lakukan pengeboran lagi," kata dia dalam Konferensi Pers Capaian Sektor ESDM tahun 2023 dan Program Kerja Tahun 2024 di Jakarta

BACA JUGA:5 Kabupaten di Sumatera Barat Ini Simpan Harta Karun Tambang Timah Hitam, Cadangannya 889.825 Ton

Arifin membeberkan masa eksplorasi hingga produksi pada lapangan gas biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 6 tahun. Ia pun berharap gas dari dua wilayah kerja Andaman tersebut dapat diproduksikan pada 2030 mendatang.

"Kita gak mau lewat dari 2030, jadi itu supaya bisa dimanfaatkan ketahanan energi nasional. Kedua bisa nambah devisa," ujarnya.

BACA JUGA:Jadi Sumber Pendapatan Daerah, Ini Potensi Harta Karun Tambang Pasir Silika di Lampung

Di samping itu, untuk menopang produksi gas yang ada di Andaman, Arifin mengusulkan adanya pembangunan kilang LNG baru. Pasalnya, fasilitas LNG yang ada di Arun ternyata sudah tidak optimal lagi dalam mengolah gas bumi dari lapangan gas.

"Kelihatannya harus pasang baru itu udah tuir (tua) banget. Tahun 70-an lah. Kita harus pasang LNG yang Gen Z," katanya.

BACA JUGA:Ada Harta Karun Melimpah, Ini Potensi dan Lokasi Emas di Way Kanan Lampung

Penting untuk diketahui bahwa minyak dan gas (migas) adalah salah satu sumber daya alam penghasil energi yang paling dibutuhkan dalam kehidupan manusia pada saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: