Iklan dempo dalam berita

Umat Muslim Boleh Tidak Puasa, Asalkan Termasuk Kelompok Berikut

Umat Muslim Boleh Tidak Puasa, Asalkan Termasuk Kelompok Berikut

Ada beberapa golongan orang dibolehkan tidak berpuasa--

BACA JUGA:Honorer Senyum, MenPANRB Pastikan Tidak Ada Pemberhentian Massal Honorer 2023

7. Ibu Menyusui

Perempuan yang sedang menyusui juga masuk dalam golongan orang-orang yang boleh tidak berpuasa Ramadan. Sama seperti perempuan hamil, ketentuan ini dikembalikan kepada yang kemampuan ibu menyusui. 

Apabila ibu menyusui mengkhawatirkan kondisi fisiknya dan berkurangnya produksi air susu ibu (ASI) saat berpuasa, sedangkan bayi masih membutuhkan ASI eksklusif, maka ibu menyusui dapat menggantinya dengan fidyah atau qadha di lain waktu. 

 

BACA JUGA:Berkah Ramadan, Honorer Kategori Ini Sudah Masuk Database, Segera Diangkat PPPK 2023

8. Perempuan Haid

Haid merupakan siklus rutin perempuan yang biasanya datang per tiga atau empat pekan sekali. Perempuan dalam kondisi haid meninggalkan kewajiban berpuasa dan menggantinya dengan qadha di lain waktu. Perempuan bisa melakukan amalan lainnya seperti zikir, doa, dan kebaikan-kebaikan lainnya. 

BACA JUGA:Universitas Terbaik di Sumatera Ternyata di Provinsi Ini, Versi Webometrics 2023

9. Ibu Nifas

Kondisi nifas didapatkan perempuan setelah proses melahirkan bayi atau setelah proses kuretase apabila mengalami keguguran. Umumnya, nifas berdurasi satu sampai tiga pekan. Perempuan dalam fase nifas meninggalkan puasa Ramadan dan dapat menggantinya dengan qadha maupun fidyah. 

 

Demikian 9 kelompok umat muslim yang dibolehkan untuk tidak berpuasa. Jadi jika anda termasuk dari sembilan kelompok tersebut, boleh saja meninggalkan puasa. Namun jika tidak termasuk salah satu dari 9 kelompok itu, berarti anda diwajibkan berpuasa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: