Iklan dempo dalam berita

Jumlah Pemain Naturalisasi pada Era 5 Ketua PSSI, Siapa yang Paling Banyak?

Jumlah Pemain Naturalisasi pada Era 5 Ketua PSSI, Siapa yang Paling Banyak?

Jumlah Pemain Naturalisasi pada Era 5 Ketua PSSI, Siapa yang Paling Banyak?--Foto: ist

STY mulai menakhodai tim Garuda sejak 28 Desember 2019. Ia mulai menyusun tatanan skuad mulai awal 2020 termasuk dengan deretan pemain keturunan Indonesia di luar negeri.

Bukan tak mungkin jumlahnya akan bertambah seiring dengan beberapa nama masih dalam proses. Setelah Maarten Paes diumumkan sebagai WNI pada Selasa (30/4), ada dua pemain lain yakni Calvin Verdonk dan Jens Ravens.

Mereka menyatakan kesiapan membela Timnas Indonesia dalam waktu dekat di bawah kepelatihan STY. Berikut daftar pemain naturalisasi Timnas Indonesia di era STY.

BACA JUGA:Erick Thohir Segera Tuntaskan Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven, Intip Kiprah Keduanya

1. Jordi Amat

Salah satu pemain pertama yang dinaturalisasi pada era kepelatihan STY adalah Jordi Amat. Bek keturunan Spanyol itu mendapat status WNI pada 17 November 2022.

Berselang sebulan kemudian, eks pemain Swansea City itu mencatat debut di Piala AFF 2022 pada 23 Desember 2022. Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kamboja.

2. Sandy Walsh

Sandy Walsh menjalani sumpah setia sebagai WNI bersamaan dengan Jordi Amat. Namun tak seperti Jordi, Sandy harus menunggu lebih lama untuk debut akibat cedera.

Pemain keturunan Belanda itu baru debut nyaris setahun kemudian pada 8 September 2023. Bek kanan itu membantu Timnas Indonesia menang 2-0 atas Turkmenistan.

BACA JUGA:Ini Daftar Wasit Indonesia vs Irak di Piala Asia U-23 2024 Malam Ini, Ada Sivakorn Lagi, Apakah Terulang?

3. Shayne Pattynama

Awal 2023 dibuka dengan resminya Shayne Pattynama sebagai WNI pada Januari tahun lalu. Ia jadi pemain naturalisasi ketiga di era STY.

Pemain yang kini membela klub Belgia, KAS Eupen itu mencatat debut di Timnas Indonesia kala bertanding melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 19 Juni 2023.

4. Rafael Struick

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: