Iklan dempo dalam berita

Jangan Anggap Enteng! Ini Profil dan Kekuatan Guinea U23 yang Bakal Menjadi Lawan Timnas Garuda Muda

Jangan Anggap Enteng! Ini Profil dan Kekuatan Guinea U23 yang Bakal Menjadi Lawan Timnas Garuda Muda

Profil dan kekuatan tim Guinea U23 yang bakal menjadi lawan Indonesia--

Meskipun kalah dalam babak semifinal, namun mereka tetap menjadi lawan yang tangguh dan memiliki kemampuan untuk memberikan perlawanan sengit kepada Timnas Indonesia U-23.

Guinea juga merupakan kekuatan baru. Seperti Garuda Muda dalam Piala Asia U23 2024 yang datang menyandang predikat debutan, Guinea juga begitu dalam Piala Afrika U23 2023. 

Catatan Guinea selama fase grup Piala Afrika U-23 2023 tak terlalu bagus dibandingkan catatan Indonesia dalam Piala Asia U23 2024.

Guinea menang satu kali, kalah satu dan seri satu kali, dengan memasukkan lima gol dan kemasukan empat gol, sedangkan Indonesia menang dua kali dan kalah satu kali.

Dua kemenangan Garuda Muda dalam fase grup dipetik dari tim yang peringkatnya jauh di atas Indonesia, dan juga jauh di atas Guinea.

BACA JUGA:Wow! Ini 4 Orang Crazy Rich Karena Harta Karun Hitam, Mereka Sukses Jadi Pengusaha Batu Bara di Kalimantan

Guinea langsung terhenti dalam fase gugur, tepatnya semifinal, setelah menyerah 0-1 kepada Mesir. Mereka juga takluk dalam adu penalti melawan Mali setelah 0-0 selama 120 menit dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Afrika U23 2023.

Total, gol dan kebobolan Guinea adalah 5-4, sedangkan Indonesia 8-9. Paling tidak Indonesia, lebih produktif dalam urusan menciptakan gol.

Indonesia U-23 juga bisa lebih berbangga karena melewati kompetisi yang lebih ketat ketimbang yang dijalani Guinea. 

Jika Indonesia harus menjalani enam pertandingan sebelum melakoni laga playoff 9 Mei itu, maka Guinea hanya melewati lima laga. Ini karena Piala Asia U-23 2024 diikuti 16 tim, sedangkan turnamen serupa di Afrika hanya diikuti delapan tim. Itu membuat Garuda Muda lebih tertempa.

Meskipun begitu, Garuda Muda tetap waspada, karena seperti tim Afrika pada umumnya, Guinea memiliki keunggulan fisik yang bisa menyulitkan Merah Putih.

BACA JUGA:Memulai Investasi Emas Batangan dengan Modal Kecil Bagi Pemula Begini Caranya

Selain itu, 20 dari 27 pemain dalam skuad Guinea U-23 adalah pemain-pemain yang merumput di Eropa dan kawasan lain, termasuk Austria, Prancis, Spanyol, Turki, Yunani, dan Belgia.

Timnas Guinea U23 ini juga dilatih oleh Kaba Diawara, seorang mantan pemain Arsenal, Marseille, PSG, dan beberapa klub Liga Inggris dan Ligue 1 lainnya. Kaba Diawara ditunjuk sebagai pelatih Guinea U23 pada April 2024. 

Namun sebelumnya, Diawara sudah menukangi timnas senior Guinea. Timnas Guinea U23 juga diperkuat oleh sejumlah pemain yang berkarier di Afrika hingga Eropa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: