Iklan dempo dalam berita

Diprediksi Produksi Perdana Awal 2026, Waw! Segini Potensi Harta Karun Emas Tersimpan di Gorontalo

Diprediksi Produksi Perdana Awal 2026, Waw! Segini Potensi Harta Karun Emas Tersimpan di Gorontalo

Potensi Harta Karun Emas Tersimpan di Gorontalo--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMGorontalo merupakan sebuah provinsi yang terletak di bagian utara Sulawesi, Indonesia, wilayah ini terkenal akan sumber daya mineral, termasuk emas. Diprediksi akan produksi emas pertama awal 2026, waw! Segini potensi harta karun emas tersimpan di Gorontalo.

BACA JUGA:Harta Karun di Sumatera Utara Sumbang 3,84% dari Total Cadangan Emas Yang Diperkirakan Ada di Indonesia

Dengan potensi pertambangan emas yang signifikan, Gorontalo menjadi sorotan dalam industri pertambangan Indonesia.

Salah satu proyek utama pertambangan emas di Gorontalo adalah Proyek Emas Pani. Proyek ini diharapkan menjadi salah satu tambang emas primer terbesar di Indonesia. 

Dengan sumber daya mineral mencapai 6,7 juta ons emas, Proyek Emas Pani diantisipasi sebagai tambang emas yang memiliki biaya rendah dan umur panjang.

BACA JUGA:Ini Kota di Kalimantan Timur Penghasil Harta Karun Batu Bara, Mampu Hasilkan 82 Ton

MDKA memiliki 70% kepentingan di Proyek Emas Pani. Investasi signifikan sejak 2022 lalu telah dilakukan untuk menetapkan sumber daya, pengujian metalurgi, dan infrastruktur. 

Proyek ini dijadwalkan untuk memulai operasi pada akhir 2025 mendatang, dengan produksi emas pertama diharapkan pada awal 2026. 

Investasi awal sekitar US$250 juta diperlukan untuk fase pertama, menghasilkan sekitar 140.000 ons emas per tahun. Fasilitas pengolahan CIL dengan kapasitas 7,5 juta ton per tahun akan dibangun pada awal 2027 dengan investasi sekitar US$633 juta. 

BACA JUGA:Warisan Harta Karun Hitam Ombilin Sawahlunto Sumatera Barat yang Ditetapkan oleh UNESCO Sebagai Warisan Dunia!

Perluasan pada awal 2030, meningkatkan kapasitas produksi menjadi 12,0 juta ton per tahun dengan investasi sekitar US$294 juta.

Kapasitas gabungan HL dan CIL pada puncak produksi sekitar 19,0 juta ton per tahun akan menghasilkan hingga 500.000 ons emas per tahun. Ini hanyalah satu contoh dari proyek tambang emas di Gorontalo.

BACA JUGA:Ditangani 14 Perusahaan, Ini 3 Kabupaten Penyumbang Harta Karun Tambang Emas di Sulawesi Barat

Selain operasi besar, Gorontalo juga memiliki sektor pertambangan emas rakyat dan skala kecil yang signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: