Iklan dempo dalam berita

Ini Daftar 5 Tambang Nikel Terbesar di Indonesia, Kalahkan Filipina dan Negara Lainnya

Ini Daftar 5 Tambang Nikel Terbesar  di Indonesia, Kalahkan Filipina dan Negara Lainnya

5 Tambang Nikel Terbesar di Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Indonesia menjadi negara penghasil nikel terbesar di dunia pada 2023 dengan perkiraan volume produksi 1,8 juta metrik ton, berkontribusi 50% terhadap total produksi nikel global. Ini daftar 5 tambang nikel terbesar di Indonesia, kalahkan Filipina dan negara lainnya.

BACA JUGA:Ada Harta Karun Emas di Kawasan Hutan Lindung Sulawesi Selatan, Tersimpan di Kedalaman 200 Meter

Filipina berada di peringkat kedua dengan produksi nikel 400 ribu metrik ton, diikuti Kaledonia Baru 230 ribu metrik ton, dan Rusia 200 ribu metrik ton.

Negara lain yang masuk jajaran penghasil nikel terbesar dunia adalah Kanada, Australia, China, Brasil, dan Amerika Serikat dengan volume produksi seperti terlihat pada grafik.

BACA JUGA:Cadangannya hingga 540 Ribu Ton Emas, Segini Angka Kandungan Harta Karun Emas di Bombana

Tak hanya unggul sebagai produsen, menurut USGS, Indonesia juga merupakan pemilik cadangan nikel terbesar di dunia, yaitu 55 juta metrik ton pada 2023. Di bawahnya ada Australia yang memiliki cadangan nikel sebanyak 24 juta metrik ton.

BACA JUGA:Target 8 Juta Ton Per Tahun 2025, Ini Titik Lokasi Tambang Harta Karun Emas Terbesar di Sulawesi

Besarnya harta karun tambang nikel di Indonesia, tak ayal bila RI bercita-cita menjadi pemain baterai kelas dunia. Pemerintah pun memulainya dengan menghentikan ekspor bijih nikel, dan mendorong investasi hilirisasi nikel.

Bahkan, sejumlah proyek pabrik (smelter) bahan baku baterai dengan nilai investasi mencapai US$ 6,25 miliar atau sekitar Rp 91 triliun (asumsi kurs Rp 14.500 per US$) pun tengah dikembangkan di Tanah Air.

BACA JUGA:Banyak Orang Tidak Tahu Tanaman Ini Menghasilkan Harta Karun Emas, Banyak Tumbuh di Pekarangan Rumah

Untuk menggarap proyek pabrik bahan baku baterai tersebut, setidaknya 32 juta ton bijih nikel per tahun dibutuhkan. Ini tentunya menjadi ajang penambang bijih nikel untuk berlomba-lomba meningkatkan produksi bijihnya.

BACA JUGA:Kalimantan Tengah Punya Desa Emas, Cadangan Harta Karun Emasnya 40 Juta Ton

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), berikut daftar lima perusahaan tambang nikel terbesar di indonesia:

1. Tambang Sorowako

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: