Iklan dempo dalam berita

Harta Karun 1 Juta Ton Emas di Sumatera yang Belum Tergarap, Ini Peta Lokasinya

Harta Karun 1 Juta Ton Emas di Sumatera yang Belum Tergarap, Ini Peta Lokasinya

Harta Karun 1 Juta Ton Emas di Sumatera yang Belum Tergarap, Ini Peta Lokasinya--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMharta-karun 1 Juta ton emas di sumatera yang belum tergarap, ini peta lokasinya

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pertambangan di Indonesia cukup banyak. 

Hasil yang didapatkan juga melimpah, ditambah dengan Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang begitu melimpah.

Di Indonesia, tambang emas merupakan tambang yang sangat besar. 

BACA JUGA:Indonesia Simpan Harta Karun Berlian, Ini Peta Lokasinya yang Berada di 7 Titik Wilayah

Lokasi terbesar tambang ini ada di pulau Papua. Di sana bisa menghasilkan emas yang begitu melimpah setiap tahunnya. 

Tetapi terkadang hasil emas tersebut mengalami peningkatan dan penurunan.

Emas merupakan logam mulia yang nilainya sangat tinggi, harganya pun juga bisa mengalami kenaikan dan penurunan setiap waktu. 

Bahkan karena nilainya ekonomis, emas dari dahulu sudah banyak digunakan oleh orang sebagai mata uang.

BACA JUGA:Terletak di Dua Desa Kecil, Ini Peta Lokasi Harta Karun 72 Juta Ton Emas Hitam di Sumsel

Seperti yang kita tahu bahwa emas sendiri dipandang sebagai logam yang paling berharga karena memiliki tekstur yang tidak mudah korosi dan juga memiliki titik cair yang tinggi. 

Sehingga hal itu membuat emas menjadi logam yang paling lunak dan mudah untuk dibentuk. Karakter emas itulah yang menjadikannya sebuah alat barter yang menguntungkan untuk digunakan dalam kebijakan moneter sampai saat ini.

Selain itu, produksi emas juga biasanya digunakan untuk berbagai peralatan industri, alat-alat elektronik, dan juga keramik. 

BACA JUGA:Harta Karun Emas di Sumatera Peninggalan Zaman Belanda, Ini Peta Lokasinya

Lalu, 40 persen dijadikan sebagai investasi, misalnya saja cadangan untuk bank sentral sebagai jaminan melawan inflasi atau resesi dan 50 persen lainnya untuk perhiasan.

Indonesia sendiri menyumbang kurang lebih 5,8 persen potensi cadangan emas dunia. 

Tak hanya itu saja, produksi emas yang ada di Indonesia diperkirakan mencapai 48 ton per tahun dan berhasil menempati urutan ke 9 penghasil emas terbesar di dunia. Sementara itu, menurut Booklet Tambang Emas Perak 2020 yang dikeluarkan oleh Kementerian ESDM RI, Indonesia telah masuk ke dalam 5 besar negara yang memiliki bahan baku emas di dunia.

Peta Lokasi Harta Karun 1 Juta Ton Emas yang Belum Digarap

Diam-diam provinsi Bengkulu menyimpan ladang harta karun berupa emas di mana berdasarkan data hutan lindung seluas 19 ribu hektar di kawasan Bukit Sanggul berhasil diturunkan status dari menjadi Hutan Produksi melalui SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor SK.533/Menlhk/Setjen/PLA.2/5/2023 dalam rangka review Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Peta Lokasi Harta Karun Emas Peninggalan Prabu Siliwangi di Bogor, Ada di Gunung

Titik lokasi harta karun Bengkulu berada dibalik ribuan hektar kawasan hutan lindung bukit sanggul di Ulu Seluma itu bakal dipersiapkan demi meningkatkan iklim investasi, salah satunya adalah isu soal investasi tambang emas yang bisa mencapai triliunan rupiah.

Simpanan emas murni satu juta ton di daerah pemekaran Provinsi Bengkulu, dikabarkan mampu mengalahkan tambang emas di Papua, dan bakal dilirik oleh PT Freeport.

Provinsi Bengkulu berencana menambah daerah pemekaran yang nantinya menjadi kabupaten/kota dan disebut-sebut memiliki simpanan emas murni satu juta ton.

Lebih dari itu bahkan, daerah pemekaran di Provinsi Bengkulu itu dikabarkan menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang mempunyai lumbung emas terbesar.

Bahkan, daerah pemekaran di Provinsi Bengkulu tersebut memiliki simpanan emas murni satu juta ton, yang mampu mengalahkan tambang emas di Papua.

BACA JUGA:5 Daerah Ini Penguasa Tambang Harta Karun Aspal Terbesar di Indonesia

Kendati demikian, kabar mengenai daerah pemekaran di Provinsi Bengkulu yang mempunyai emas murni satu juta ton belum ada pernyataan resmi dari pemerintah.

Hanya saja, soal wacana Provinsi Bengkulu akan menambah kabupaten/kota baru sebelumnya sudah dikonfirmasi dan sudah banyak kabar beredar.

Begitu besar kekayaan alam yang di Indonesia, salah satunya ada di daerah Bengkulu.

Ditemukan baru-baru ini tambang emas di Bengkulu hingga disebut menyaingi PT Freeport.

Karena cadangan emas di Bengkulu diperkirakan sampai dengan 1 juta ons.

BACA JUGA:Cadangannya hingga 540 Ribu Ton Emas, Segini Angka Kandungan Harta Karun Emas di Bombana

Sehingga potensi emas di Bengkulu ini disebut-sebut dapat saingi PT Freeport yang merupakan salah satu satu perusahaan tambang terkemuka di dunia.

PT Freeport sendiri saat ini mengelola tambang emas di Papua dan di Bengkulu ini terletak di kawasan hutan lindung Bukit Sanggul Unit IV, Kabupaten Seluma.

Namun, tambang emas di Bengkulu masih dalam pengurusan izin Amdal yang dilakukan oleh PT Energi Swa Dinamika Muda (ESDM).

ESDM sendiri memiliki lahan seluas 30 hektar di Kabupaten Seluma yang status eksplorasinya sudah ada sejak tahun 2010 lalu.

Sebagai informasi ada tiga wilayah yang berpotensi menjadi tambang emas di Bengkulu.

Yakni berada di wilayah Ulu Alas, Ulu Talo, dan Lubuk Resam dan diproyeksikan akan menghasilkan emas dalam jumlah besar.

BACA JUGA:Target 8 Juta Ton Per Tahun 2025, Ini Titik Lokasi Tambang Harta Karun Emas Terbesar di Sulawesi

Melansir dari situs resmi kemdikbud.go.id, Bengkulu memang sebenarnya sudah memiliki pertambangan emas.

Tambang emas yang terletak di Lebong Tandai sudah dimulai sejak dekade awal abad ke-20.

Cadangan emas di Bengkulu ini terdeteksi sebanyak 1 juta ons pada tahun 2016 lalu.

Satu juta ons sama dengan 280 gram/1 ons dalam hitungan kasarnya.

Namun setelah dilakukan penelitian, daerah ini berpotensi untuk menghasilkan emas mencapai 10 hingga 20 kali lipat dari perkiraannya.

Maka, tak heran jika tambang emas di Bengkulu disebut mampu menyaingi tambang emas PT Freeport.

BACA JUGA:Target 8 Juta Ton Per Tahun 2025, Ini Titik Lokasi Tambang Harta Karun Emas Terbesar di Sulawesi

Kabupaten Seluma adalah sebuah wilayah kabupaten di provinsi Bengkulu, Indonesia. Ibu kotanya adalah Tais. Kabupaten Seluma terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2003.

Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Selatan. Bahasa yang banyak digunakan selain bahasa Indonesia adalah bahasa Serawai, bahasa suku Serawai yang mendiami kabupaten ini.

Dulunya kabupaten ini masuk dalam kabupaten tertinggal sebab berpenduduk sedikit dan belum sama sekali berkembangnya potensi unggulan daerah, tetapi sejak tahun 2008 kabupaten ini bukan lagi kabupaten tertinggal karena padi adalah potensi unggulan kabupaten ini.

BACA JUGA:Banyak Orang Tidak Tahu Tanaman Ini Menghasilkan Harta Karun Emas, Banyak Tumbuh di Pekarangan Rumah

Itulah informasi peta lokasi harta karun 1 juta ton emas yang belum digarap di Pulau Sumatera.

 

(Novan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: