Iklan dempo dalam berita

Meski Bikin Nafsu Makan, Jenis Ikan ini Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Meski Bikin Nafsu Makan, Jenis Ikan ini Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ikan yang tidak boleh dimakan penderita asam urat--ist

Asparagus adalah salah satu makanan penyebab asam urat kambuh berikutnya. Memang, asparagus memiliki kandungan folat dan kalium yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Akan tetapi, asparagus diketahui memiliki kandungan purin yang tinggi pula. Hal inilah yang mengakibatkan asparagus termasuk pantangan asam urat.

7. Sayur Bayam

Selain asparagus, bayam merupakan sayur yang tidak boleh dimakan penderita asam urat. Lantaran, sayur bayam didapati mengandung senyawa purin yang cukup tinggi. Bahkan, dalam 100 gram sayur bayam diketahui terdapat kurang lebih 57 gram purin.

BACA JUGA:Redmi Note 12 Pro 5G Vs Redmi A3, Mana yang Layak Dibeli? Begini Perbandingan Spek dan Harganya

8. Durian

Seseorang dengan kadar asam urat tinggi tidak disarankan untuk mengonsumsi durian. Dikarenakan durian mengandung purin yang cukup tinggi dan dapat mempengaruhi kadar asam urat dalam tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi buah selain durian.

9. Makanan yang Mengandung Ragi

Penderita asam urat juga sebaiknya menghindari konsumsi roti, acar, tape, dan makanan fermentasi lainnya secara berlebihan. Sebab, ragi dan ekstrak ragi yang digunakan dalam mengolah makanan tersebut diketahui mengandung purin yang dapat memperburuk rasa nyeri dari asam urat.

Sebagai informasi tambahan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah asam urat:

1. Berolahraga secara rutin 

Kurang aktif fisik dapat menyebabkan kenaikan berat badan, yang merupakan faktor risiko gout. Oleh karena itu, olahraga rutin seperti bersepeda atau berenang selama minimal 30 menit sehari atau 150 menit per minggu dapat membantu mencegah asam urat.

BACA JUGA:Rajanya Android! Samsung S Series Vs Samsung Note Series, Ini Perbandingannya

2. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan Mengonsumsi minuman beralkohol terlalu banyak, terutama minuman yang tinggi purin seperti bir atau wine, dapat meningkatkan risiko asam urat. Batasi konsumsi minuman beralkohol menjadi 1 gelas per hari atau berhenti minum jika gejala asam urat kambuh.

3. Menurunkan berat badan bila obesitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: