Iklan dempo dalam berita

Menjaga Stamina Hingga Cegah Kanker, 11 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Ini Wajib Kamu Ketahui

Menjaga Stamina Hingga Cegah Kanker, 11 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Ini Wajib Kamu Ketahui

Menjaga Stamina Hingga Cegah Kanker, 11 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Ini Wajib Kamu Ketahui--Foto: ist

- Fosfor: 108 miligram

- Zat besi: 5,7 miligram

Tanaman bernama ilmiah Pandanus odoratissimus ini juga mengandung banyak senyawa khas tumbuhan yang bersifat sebagai antioksidan. Beberapa di antaranya yakni isoflavon, alkaloid, glikosida, serta beragam senyawa fenolik.

BACA JUGA:7 Khasiat Daun Pandan untuk Rambut, Solusi untuk Mengatasi Masalah Tanpa Bahan Kimia

11 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

Berikut beberapa manfaat daun pandan untuk kesehatan, seperti dihimpun dari berbagai sumber:

1. Membantu mengatasi sakit atau nyeri.

Pandan memiliki khasiat pencahar. Sedangkan daunnya dapat bertindak sebagai pereda nyeri untuk sakit kepala, sakit telinga, perut kejang (peradangan dan infeksi), nyeri dada, dan radang sendi. Cara menggunakannya ialah, campur daun pandan dengan teh hangat. Bersihkan dan ikat 8-10 helai daun pandan, rebus dalam panci yang sudah diisi air selama 10 menit dan didihkan selama 5 menit. Tambahkan jahe atau serai untuk menambah rasa.

BACA JUGA:Hanya Air Rebusan Daun Pandan, Namun Ini Khasiat yang Bisa Dirasakan Kaum Wanita

2. Detoksifikasi tubuh.

Detoksifikasi atau mengurangi kadar racun di dalam tubuh. Menambahkan daun pandan ke makananmu, bisa membantu hati dengan organ lain berfungsi baik. Sehingga racun dalam tubuh akan berkurang secara alami. Terutama racun dan zat tidak sehat dari bagian hati. Karena daun pandan adalah obat pencahar alami, sehingga ringan dan mudah membantu mengeluarkan limbah (kotoran).

3. Membantu mengatasi ketombe.

Daun pandan tidak hanya bermanfaat untuk tubuh bagian dalam saja. Daun pandan juga bisa memberikan efek baik bagi kesehatan kulit kepala, yakni mengatasi masalah ketombe membandel. Cara pemakaiannya sangat mudah dan sederhana. Buat daun pandan menjadi masker dan shampo alami.Hancurkan atau haluskan 10 lembar daun segar hingga halus. Lalu campur dengan 100 ml air. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala, bungkus atau tutup kepala dengan handuk. Biarkan atau diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas kepala dengan air atau sampo sampai bersih.

BACA JUGA:Selain Diminum, Ini 4 Khasiat Daun Pandan untuk Campuran Air Mandi

4. Menurunkan kadar gula dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: