Iklan dempo dalam berita

Daftar 10 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia, Nilai Produksinya Bikin Geleng Kepala

Daftar 10 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia, Nilai Produksinya Bikin Geleng Kepala

Negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Daftar 10 negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia, nilai produksinya bikin geleng kepala.

Negara produsen minyak besar belum tentu memiliki cadangan minyak yang besar pula. Saat ini negara dengan produksi minyak mentah terbesar di dunia adalah Amerika Serikat (AS), bahkan jauh di atas level produksi Arab Saudi yang dikenal sebagai negara minyak.

BACA JUGA:Tabel KUR BTN 2024 Rp 25 Juta, Cicilan Terjangkau Cukup Rp 500 Ribuan, Segini Batas Tenor Angsurannya

Tingginya produksi minyak AS hanya menunjukkan bahwa negara tersebut lebih giat dalam memproduksi minyak dibandingkan Arab Saudi.

The Global Fire Power merilis data negara produsen minyak bumi terbesar di dunia pada tahun 2023 lalu yang diimbangi dengan nilai konsumsi dan cadangannya:

1. Amerika Serikat
Negara adidaya ini masih menjadi pemimpin dengan perolehan minyak bumi paling banyak. Total produksi minyak bumi di Amerika Serikat mencapai 18.000.000 barel per hari.

Skor indeks dayanya sebesar 0,0712 atau mendekati sempurna. Negeri Patung Liberty juga unggul di berbagai kategori, mulai dari material, keuangan, teknologi, medis, telekomunikasi, hingga kedirgantaraan.

BACA JUGA:Cara Menaikan Rating Driver Shopee Food dan Mempertahankan agar Rating Tetap Bagus, No Curang!

2. Arab Saudi
Arab Saudi berada di peringkat ke-2 sebagai penyedia kebutuhan minyak mentah dunia. Produksinya diperkirakan mencapai 10.815.700 barel/hari pada 2023.

Artinya, negara yang diatur oleh Raja Salman tersebut berkontribusi terhadap 12,2% minyak di seluruh dunia. Ghawar merupakan salah satu titik pengeboran minyak di Provinsi Al Hasa, sekitar 100 kilometer dari Kota Dhahran.

BACA JUGA:Mengurangi Risiko Kecelakaan, Begini Cara Mengatasi Rem Blong Motor Matic saat Turunan Panjang

3. Rusia
Walaupun invasi Rusia - Ukraina makin memanas, bekas negara Uni Soviet tersebut mampu menghasilkan 10.750.000 barel/hari minyak mentah. Bahkan perusahaan energi asal Rusia Rosneft baru mengumumkan ladang baru di Laut Pechora, Samudra Arktik pada 2022 lalu.

Maka dari itu, negeri yang memiliki presiden bernama Vladimir Putin ini masuk dalam daftar negara penghasil minyak terbesar di dunia 2023.

4. Kanada
Negara dengan julukan Negeri Pecahan Es itu tercatat memproduksi minyak mentah sekitar 5.500.000 barel/hari. Sehingga, Kanada berpartisipasi menyediakan 6% kebutuhan minyak dunia.
Industri perminyakan di negara yang berbatasan dengan Samudera Pasifik tersebut mulai mengeksplorasi minyak dan gas sejak 1858 oleh James Miller Williams.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: