Iklan dempo dalam berita

Jangan Sampai Salah! Ini 8 Perbedaan Rumah Komersil dan Rumah Subsidi

Jangan Sampai Salah! Ini 8 Perbedaan Rumah Komersil dan Rumah Subsidi

Perbedaan rumah komersil dan rumah subsidi--

Salah satu regulasi pemerintah terkait rumah subsidi adalah keharusan untuk segera menghuni rumah setelah proses kontrak. Oleh sebab itu, biasanya rumah subsidi akan ditawarkan setelah siap huni.
Namun, karena permintaan akan rumah lebih tinggi daripada ketersediaan unit, kadang-kadang pengembang membuka pemesanan unit sebelum rumah benar-benar siap huni.

Sementara untuk rumah komersial, tidak ada peraturan yang mengharuskan penghuni untuk segera menghuni unit rumah yang telah dibeli. Karena itulah, membeli rumah dengan status “indent” menjadi umum dilakukan.

Bahkan terkadang calon pembeli bersedia membayar untuk mendapatkan Nomor Pesanan agar mereka tidak kehilangan kesempatan mendapatkan unit di perumahan yang diinginkan.

BACA JUGA:7 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Ibadah Haji dan Umrah, Mudah Dilakukan

10. Tipe Rumah yang Ditawarkan
Perbedaan rumah subsidi dan komersil selanjutnya yaitu terletak pada tipe rumah yang ditawarkan. Umumnya tipe rumah subsidi sangat terbatas, yaitu maksimal tipe 36. Hal ini dikarenakan subsidi yang diberikan oleh pemerintah tidak besar.

Sedangkan rumah komersil lebih bebas dalam menawarkan tipe rumah. Developer bisa menawarkan rumah dengan berbagai tipe, mulai dari tipe kecil hingga besar.

BACA JUGA:7 Cara Mengusir Tikus di Rumah Tanpa Membunuh, Pasti Aman!

Perumahan komersil dan rumah subsidi memang memiliki beberapa perbedaan mendasar, mulai dari tujuan pembangunan dan harga, kualitas material bangunan, luas rumah, hingga sistem angsuran.

Rumah komersil ditujukan bagi masyarakat yang mampu secara finansial dengan harga yang lebih tinggi dan kualitas material yang lebih baik, serta fleksibilitas dalam renovasi dan perluasan.

Sementara itu, rumah subsidi ditujukan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau BPR dengan harga yang lebih terjangkau dan syarat-syarat yang ketat terkait material dan renovasi.

Memahami perbedaan ini penting bagi calon pembeli agar dapat membuat keputusan yang tepat.
Demikianlah, semoga informasi ini bermanfaat!

 

(Sheila Silvina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: