Iklan dempo dalam berita

Catatan Sejarah Asal Mula Masyarakat Jawa, Katanya dari ‘Vrindavan’

Catatan Sejarah Asal Mula Masyarakat Jawa, Katanya dari ‘Vrindavan’

Asal usul masyarakat Jawa yang disebut ada kaitannya dengan India--

Alat musik tradisional Suku Jawa adalah gamelan, semua musik jawa diciptakan dari bunyi-bunyi yang dihasilkan dari gamelan. 

Gamelan merupakan gabungan dari beberapa alat musik seperti kendang, gong, kenong, bonang, kempul, gambang, slenthem dan lain-lain. Gamelan digunakan oleh Wali Songo pada zaman dahulu untuk menyebarkan agama Islam.

5. Bahasa dan Aksara Jawa

Suku Jawa memiliki bahasa dan aksara yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Bahasa jawa juga memiliki beberapa tingkatan untuk berkomunikasi sehari-hari. 

Tingkatan tersebut yaitu ngoko yang merupakan bahasa sedikit kasar yang digunakan kepada seseorang yang tingkatannya berada di bawah, kemudian krama madya yaitu bahasa Jawa yang digunakan kepada orang yang sederajat, dan krama inggil yaitu bahasa yang digunakan kepada orang yang lebih tua atau dihormati.

BACA JUGA:Rp700 Cair dari Pemerintah ke Saldo DANA dari Program Kartu Prakerja Gelombang 67, Cek Sekarang

Sedangkan aksara Jawa memiliki 20 huruf yaitu ha, na, ca, ra, ka, da, ta, sa, wa, la, pa, dha, ja,ya, nya, ma, ga, ba, tha, nga. Artinya adalah ada dua utusan yang setia saling bertarung sama-sama saktinya dan sama-sama matinya.

6. Budaya Kejawen

Budaya Kejawen merupakan budaya yang cukup terkenal dan melekat pada suku Jawa. Budaya kejawen ini mengajarkan tentang gabungan dari adat istiadat, budaya, pandangan sosial, dan filosofis orang Jawa. 

Ajaran kejawen hampir mirip seperti agama yang mengajarkan spiritualitas masyarakat Jawa kepada penciptanya.

Demikian ulasan mengenai asal mula masyarakat Jawa. Semoga bermanfaat.

 

Tianzi Agustin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: