Iklan dempo dalam berita

7 Cara Cuci Pakaian Hitam Agar Tidak Luntur, Salah Satunya Tambahkan Garam

7 Cara Cuci Pakaian Hitam Agar Tidak Luntur, Salah Satunya Tambahkan Garam

7 Cara Cuci Pakaian Hitam Agar Tidak Luntur, Salah Satunya Tambahkan Garam--Foto: ist

Meskipun mencuci pakaian dengan cara yang benar mungkin akan membuat pakaian lebih mudah dilipat, mencuci bagian dalam ke luar akan membuat warna gelap tetap cerah lebih lama.

“Mencuci pakaian dari dalam ke luar memungkinkan bagian dalam pakaianmu terkena dampak paling besar dari gejolak dan pemudaran warna yang terjadi selama siklus pencucian. Hal ini membantu melindungi pewarna luar dari baju atau celana dengan mengurangi gesekan dan kontak, sambil tetap memastikan pewarnaan yang menyeluruh," saran dari merek mesin cuci Whirlpool dalam postingan blog.

BACA JUGA:Berburu Diskon Baju Lebaran? Transmart Berikan Promo untuk Pakaian Lebaran Anak, Diskon hingga 50%

2. Jangan Sering Dicuci

Semakin sering kamu mencuci sesuatu, semakin besar kemungkinan pewarna keluar dari pakaian. Jadi cobalah mengangin-anginkan pakaian berwarna gelap, daripada mencucinya setiap kali memakainya.

Jika kamu hanya mengenakan sesuatu dalam waktu singkat, dan tidak berkeringat atau berada di tempat yang sangat kotor, kamu mungkin dapat memakainya kembali sebelum dicuci. Menyimpan pakaian berwarna hitam saat dicuci akan memastikan warnanya tidak luntur pada pakaian yang berwarna lebih terang.

Lalu, jika memiliki handuk hitam baru, Gibson menyarankan untuk mencuci atau merendamnya dengan pakaian hitam lain, karena pewarna mudah luntur dari handuk hitam. Langkah ini bisa menguatkan warna keduanya.

BACA JUGA:Baju Lebaran Terkena Noda Membandel, Coba 9 Bahan Dapur Ini untuk Memutihkan Pakaian, Bye Noda Membandel

3. Gunakan Air dingin

Saat mencuci pakaian gelap, jangan sekali-kali menggunakan air panas atau hangat, hal ini berisiko lebih besar terhadap pelunturan warnanya. Maka dari itu, gunakanlah air dingin ketika mencuci pakaian berwarna gelap, karena memiliki risiko kecil terjadinya pemudaran warna.

4. Tambahkan Garam

Untuk membantu mencegah warnanya luntur saat dicuci, tambahkan satu sendok makan garam ke dalam mesin cuci. Ini akan membantu mengunci warna dan mencegah pewarna luntur selama siklus pencucian.

BACA JUGA:Ini Cara Mencuci Pakaian Warna Putih, Dijamin Seperti Baru Beli, Ada Bahan Tambahan Selain Deterjen

5. Kurangi Penggunaan Deterjen

Ada dua hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan deterjen untuk pakaian berwarna hitam, yaitu gunakan sedikit saja dan gunakan cairan sebagai pengganti bedak. Deterjen bubuk berpotensi meninggalkan residu pada pakaian sehingga membuatnya terlihat lebih kusam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: