Iklan dempo dalam berita

Cara Buat Rebusan Daun Kelor Untuk Obat Darah Tinggi, Bisa Coba di Rumah

Cara Buat Rebusan Daun Kelor Untuk Obat Darah Tinggi, Bisa Coba di Rumah

Cara Buat Rebusan Daun Kelor Untuk Obat Darah Tinggi, Bisa Coba di Rumah--Foto: ist

BACA JUGA:MasyaAllah! Ini 6 Manfaat Daun Kelor dalam Alquran untuk Kesehatan, Apa Saja?

2. Gangguan pencernaan

Efek samping daun kelor yang kedua adalah gangguan pencernaan. Terlalu banyak mengonsumsi daun kelor juga menimbulkan efek samping berupa gangguan pencernaan.

Dilansir dari laman Healthifyme, daun kelor mengandung sifat pencahar yang dapat menyebabkan sakit perut, peningkatan gas dalam pencernaan, hingga diare. Bahkan, lantaran rasa yang hambar dan cenderung pahit, seseorang dapat langsung muntah jika tidak menyukainya.

3. Kontraksi rahim pada wanita hamil

Efek samping daun kelor yang ketiga adalah kontraksi rahim pada wanita hamil. Bahan kimia tertentu pada tanaman ini dapat menyebabkan kontraksi rahim pada wanita hamil, serta meningkatkan risiko keguguran. Tak hanya itu, wanita yang tengah menyusui juga harus menghindari kelor karena beberapa kandungan kemungkinan tidak baik untuk bayi.

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Pria, Kaum Adam Pasti Suka

4. Interaksi dengan obat

Efek samping daun kelor yang keempat adalah interaksi dengan obat. Konsumsi daun kelor berlebihan bersamaan dengan obat tertentu turut berpotensi menimbulkan efek samping pada tubuh, seperti dilaporkan Very Well Health.

Beberapa obat yang menunjukkan interaksi dengan daun kelor, termasuk: Rifampisin (antibiotik), kerap digunakan untuk mengobati Tuberkulosis (TBC). Januvia atau sitagliptin, obat antidiabetes untuk mengatasi diabetes tipe 2. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian terkait interaksi kelor dengan obat-obatan maupun suplemen herbal lain.

5. Kadar gula darah terlalu rendah

Efek samping daun kelor yang kelima adalah kadar gula turun terlalu rendah. Khusus obat antidiabetes, konsumsi bersamaan dengan daun kelor dapat memengaruhi cara kerjanya. Makan daun kelor secara berlebihan juga berpotensi menyebabkan kadar gula darah terlalu rendah atau hipoglikemia. Adapun gejala awal gula darah rendah, antara lain wajah pucat, banyak berkeringat, sakit kepala, sangat lemas, kelaparan, dan sulit konsentrasi.

Cara mencegah efek samping daun kelor

Menurut Very Well Health, saat ini belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk menentukan dosis daun kelor yang aman. Namun, beberapa upaya dapat dilakukan untuk mencegah efek samping daun kelor, seperti:

BACA JUGA:Manfaatnya Banyak! Ini Daftar Harga Daun Kelor 1 Kg Mulai dari yang Biasa hingga Premium

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: