Iklan dempo dalam berita

Simbol Kekuatan, Ini Daftar 10 Negara yang Punya Kapal Induk Terbesar di Dunia

Simbol Kekuatan, Ini Daftar 10 Negara yang Punya Kapal Induk Terbesar di Dunia

Daftar 10 Negara yang Mempunyai Kapal Induk Terbesar di Dunia--

Kapal terakhir dalam kelas ini, USS George H.W. Bush, ditugaskan pada Januari 2009.

Dengan total perpindahan muatan sebesar 97.000 ton, kapal induk sepanjang 332,8 meter ini memiliki dek penerbangan seluas 4,5 hektar yang mampu membawa lebih dari 60 pesawat. Mereka didukung oleh dua reaktor nuklir dan dapat mencapai kecepatan lebih dari 30 knot.

BACA JUGA:Kembar, Ternyata Ini Perbedaan iQOO Z9 dan iQOO Z9X, 2 HP Android Terbaru Sub-Brand dari vivo

3. Kelas Ratu Elizabeth, Inggris
Kapal induk terbesar Angkatan Laut Kerajaan Inggris, kelas Ratu Elizabeth, adalah kapal induk terbesar ketiga di dunia. HMS Queen Elizabeth dan HMS Prince of Wales adalah dua kapal induk dalam kelas ini.

HMS Queen Elizabeth ditugaskan pada Desember 2017, sementara HMS Prince of Wales ditugaskan pada Desember 2019. Kedua kapal tersebut memiliki bobot perpindahan sekitar 65.000 ton dan panjang 280 meter.

Kapal-kapal ini dapat mengangkut hingga 40 pesawat, termasuk 36 F-35B dan empat helikopter Merlin. Dilengkapi dengan teknologi terkini dan sistem otomatis, kapal ini hanya membutuhkan 679 awak untuk operasi tempur.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Laptop RAM 16 GB, Cocok Buat Design, Programming dan Gaming

4. Fujian, Tiongkok
Kapal induk Fujian (Tipe 003) diluncurkan oleh China Shipbuilding Industry Corporation pada 17 Juni 2022. Dengan bobot perpindahan penuh sekitar 80.000 ton, kapal ini lebih besar dari kapal induk Tiongkok lainnya dan sebanding dengan kapal induk Angkatan Laut AS.

Panjangnya 316 meter dan lebarnya 76 meter. Fujian adalah kapal induk pertama Tiongkok yang menggunakan ketapel elektromagnetik untuk meluncurkan pesawat dari dek. Kapal ini juga memiliki dek penerbangan datar untuk lepas landas dan mendarat dengan lancar.

BACA JUGA:Kembar, Ternyata Ini Perbedaan iQOO Z9 dan iQOO Z9X, 2 HP Android Terbaru Sub-Brand dari vivo

5. Liaoning, Tiongkok
Liaoning, kapal induk tipe 001, adalah kapal induk terbesar keempat di dunia yang dioperasikan oleh Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLAN). Kapal ini memiliki panjang keseluruhan 304,5 meter dan lebar 75 meter.

Dibeli dari Ukraina pada tahun 1998 dan ditugaskan untuk PLAN pada September 2012, Liaoning saat ini diklasifikasikan sebagai kapal pelatihan.
Kapal ini memiliki bobot lebih dari 58.000 ton (muatan penuh) dan dapat membawa sekitar 50 pesawat, termasuk pesawat sayap tetap dan helikopter.

BACA JUGA:Senjata Militer Paling Mematikan, Ini Alasan Kenapa Indonesia Tidak Mempunyai Nuklir

6. Shandong, Tiongkok
Shandong adalah kapal induk kedua Tiongkok yang diluncurkan pada 26 April 2017. Berbeda dengan pendahulunya, Liaoning, Shandong adalah kapal induk pertama buatan Tiongkok.
Kapal ini memiliki panjang 305 meter, lebar 75 meter, dan bobot perpindahan 70.000 ton. Shandong dapat membawa maksimal 44 pesawat di deknya. Sistem peluncuran dan pemulihan pesawat menggunakan sistem STOBAR (Short Take-Off But Arrested Recovery).

7. Laksamana Kuznetsov, Rusia
Laksamana Kuznetsov, kapal induk kelas Kuznetsov Rusia, saat ini berfungsi sebagai andalan Angkatan Laut Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: