Iklan dempo dalam berita

5 Kasus Besar yang Pernah Ditangani Jampidsus, Kerugian Negara Mencapai Triliunan Rupiah

5 Kasus Besar yang Pernah Ditangani Jampidsus, Kerugian Negara Mencapai Triliunan Rupiah

Kasus korupsi kakap yang pernah ditangani Kejagung--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM5 kasus besar yang pernah ditangani Jampidsus, kerugian negara mencapai triliunan rupiah. 

Kasus dugaan korupsi timah yang sedang ditangani Kejagung menjadi perhatian masyarakat. Wajar saja, karena angka kerugian dalam kasus ini disebut mencapai ratusan triliunan rupiah. 

Belum lagi beberapa hari lalu, Jampidsus Febrie Adriansyah diikuti dua orang ketika makan di salah satu restoran di kawasan Cipete, Jakarta Selatan.

BACA JUGA:Spesifikasi Hp Rp 2 Juta, Infinix Hot 40 Pro Hp Gaming Murah Pilihan Tepat! Performanya Andal

Sepak terjang Kejagung selama ini memang sangat ditakuti para koruptor. Beberapa kasus korupsi pernah ditanganinya dengan angka kerugian negara mencapai puluhan trilunan rupiah.

Dalam kasus dugaan korupsi timah yang sekarang sedang ditangani, Tim Penyidik Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus atau Jampidsus Kejagung telah menetapkan lima tersangka baru.

Lima tersangka itu di antaranya HL selaku Beneficial Owner PT TIN atau PO PT TIN, FL selaku marketing PT TIN, SW selaku kepala dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2015-Maret 2019, PN selaku plt Kepala Dinas ESDM Provinsi Bangka Belitung periode Maret 2019, dan AS selaku plt Kepala Dinas ESDM Kepulauan Bangka Belitung.

BACA JUGA:ITEL RS4 NFC Hp Gaming Murah Rasa Kelas Atas, Usung RAM hingga 12 GB!

Peran tersangka SW, BN, dan AS selaku Kepala Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah dengan sengaja menerbitkan dan menyetujui Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) dari perusahaan smelter PT RBT, PT SBS, PT SIP, PT TIN, dan CV VIP.

Sebelumnya, Kejagung telah menetapkan 16 tersangka dalam kasus korupsi PT Timah ini. Dua tersangka di antaranya suami aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, dan Helena Lim. Oleh karena itu, hingga Jumat, 26 April 2024, Kejaksaan Agung telah menetapkan 21 tersangka dalam perkara ini.

Berikut ini daftar kasus korupsi kelas kakap yang pernah ditangani Kejaksaan Agung

BACA JUGA:El Nino Sebentar Lagi Berganti La Nina, Ini Wilayah yang Terdampak La Nina

1. Korupsi proyek pembangunan pabrik Blast Furnance PT Krakatau Steel pada 2011

Lima tersangka dalam perkara ini adalah bekas Direktur Utama PT KS periode 2007-2012 berinisial FB, Direktur Utama PT Krakatau Engineering periode 2005-2010 dan Deputi Direktur Proyek Strategis 2010-2015 berinisial ASS, Direktur Utama PT Krakatau Engineering periode 2012-2015 berinisial BP, HW alias RH, selaku Ketua Tim Persiapan dan Implementasi Proyek Blast Furnace tahun 2011 dan General Manager Proyek PT KS dari Juli 2013 sampai dengan Agustus 2029 berinisial HW dan RH, dan Project Manager PT Krakatau Engineering periode 2013-2016 berinisial MR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: