Iklan dempo dalam berita

Begini Asal Usul Suku Melayu Hingga Dikenal dengan Pakaian Adatnya Sebagai Identitas

Begini Asal Usul Suku Melayu Hingga Dikenal dengan Pakaian Adatnya Sebagai Identitas

Asal Usul Suku Melayu --

BACA JUGA:Menyebar di Kawasan Bengkulu Selatan, Begini Asal Usul Suku Serawai, Tradisi Perkenalan Bujang Gadis

Pakaian Adat Suku Melayu

Suku Melayu mempunyai pakaian adat yang menjadi identitas masyarakat Melayu yang banyak dijumpai di daerah Sumatera, Malaysia, Singapura dan Semenanjung Malaka.

Pakaian adat suku Melayu terdapat proses pencampuran budaya yang dibawa oleh pedagang dari Cina, Arab, India dan Eropa. Berikut jenis-jenis pakaian adat Suku Melayu, yaitu:

1. Baju Kebaya Labuh

Baju kebaya labuh merupakan pakaian adat suku Melayu yang paling terkenal bagi masyarakat Melayu dan menjadi salah satu pakaian tertua yang hingga saat ini masih ada.

Baju kebaya labuh memiliki ciri-ciri yang menjuntai ke bawah hingga menutupi lutut dengan sisi depan dikaitkan tiga buah kancing sehingga membuat bagian bawah akan tampak melebar dan terbuka.

Biasanya baju kebaya labuh akan dipadukan dengan rok dari kain batik yang mempercantik baju tersebut.

BACA JUGA:Sejarah Kerajaan di Bengkulu hingga Terbentuknya Aksara Suku Rejang, Ada Sejak Kapan?

2. Baju Kurung

Baju kurung merupakan pakaian adat suku Melayu yang terkenal di daerah Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam hingga Thailand dengan filosofi yang dalam.

Filosofi dari baju kurung ialah apabila seseorang memakainya maka akan terikat dengan berbagai aturan yang wajib dipatuhi atau makna lainnya bahwa si pemakai baju kurung akan merasa dikurung oleh adat sesuai dengan syariat Islam.

Baju kurung memiliki ciri-ciri yaitu pada bagian lengan, dada, dan perut akan dibuat longgar dan saat dipakai bagian bawahnya akan sejajar dengan lutut.

BACA JUGA:Mengenal Suku Rejang, Suku Tertua di Bumi Rafflesia yang Punya Tradisi Unik

3. Baju Kurung Cekak Musang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: