Iklan dempo dalam berita

Kapan Wukuf Arafah 2024? Berikut Perkiraan Jadwal serta Bacaan Doa Niatnya

Kapan Wukuf Arafah 2024? Berikut Perkiraan Jadwal serta Bacaan Doa Niatnya

Perkiraan waktu wukuf di arafah dan doanya--

Jemaah diperbolehkan memilih waktu dalam rentang waktu tersebut, meskipun sejenak namun tetap sah dan sudah menyempurnakan ibadah haji.

Apabila jemaah tidak melaksanakan wukuf di Arafah dalam rentang waktu tersebut, maka jemaah batal berhaji dan bisa mengulang ditahun berikutnya.

Dengan begitu, waktu pelaksanaan wukuf di Arafah untuk jemaah haji 2024 jatuh pada hari Minggu, 16 Juni 2024.

Bacaan Doa Wukuf di Arafah

Saat wukuf di Arafah, jemaah dianjurkan untuk memperbanyak doa dan dzikir, berikut bacaan doa yang bisa dipanjatkan jemaah saat melaksanakan wukuf di Arafah.

 لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِي سَمْعِي نُورًا وَفِي بَصَرِي نُورًا وَفِي قَلْبِي نُورًا اللَّهُمَّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَسَاوِسِ الصَّدْرِ وَمِنْ سَيِّئَاتِ الْأُمُورِ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا يَلِجُ فِي اللَّيْلِ وَشَرِّ مَا يَلِجُ فِي النَّهَارِ وَمِنْ شَرِّ مَا تَهُبُّ بِهِ الرِّيَاحُ، وَشَرِّ بَوَائِقِ الدَّهْرِ 

Lâ ilâha illallâhu wahdahû lâ syarîkalah. Lahul mulku walahul hamdu wa hua alâ kulli syai’in qadîr. Allâhummaj‘al fî sam‘î nûrâ, wa fî basharî nûrâ, wa fî qalbî nûrâ. Allâhummasyrah lî shadrî, wa yassir lî amrî. Allâhumma innî a‘ûdzu bika min wasâwisis shadri, wa min saayi’âtil umûr, wa min adzâbil qabri. Allâhumma innî a‘ûdzu bika min syarri mâ yaliju fil lail, wa syarri mâ yaliju fin nahâr, wa syarri mâ tahubbu bihir rîhu, wa syarri bawâ’iqid dahri.

BACA JUGA:Kisah Suku Lingon, Warga Pedalaman dengan Bola Mata Biru yang Berselimut Misteri

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Allah SWT dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dia memiliki kekuasaan dan berhak atas setiap pujian. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Wahai Tuhanku, jadikanlah pendengaranku, penglihatanku, dan hatiku bercahaya. lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku. Aku berlindung kepada-Mu dari bisikan hati, perkara yang buruk, dan dari azab kubur. Aku juga berlindung dari kejahatan yang datang di malam hari dan siang hari. Aku berlindung dari kejahatan yang dibawa angin dan kejelekan zaman.” 

Hukum Wukuf

Selanjutnya membahas tentang hukum daripada wukuf. Masih dari sumber yang sama, para ulama sepakat bahwa wukuf di Arafah adalah rukun haji yang paling agung.

Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan Tirmidzi, Ahmad, Abu Daud, Nasai dan Ibnu Majah, dari Abdurrahman bin Ya'mur. Rasulullah SAW memerintahkan kepada seseorang untuk berseru:

"Haji adalah (wukuf di) Arafah. Siapa yang datang (di Arafah) pada hari Nahar malam sebelum fajar terbit, dia terhitung melakukan wukuf".

BACA JUGA:Suku Mante, Manusia Kerdil yang Berasal dari Aceh, Ternyata Begini Kehidupannya

Oleh sebab itu disimpulkan adalah wajib dalam rukun haji yang harus dilakukan sebagai syarat sah ibadah haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: