Iklan RBTV Dalam Berita

Orang Tapanuli Selatan dan Aceh Tengah Harus Tahu, Daerah Ini Penghasil Harta Karun Emas di Sumatera

Orang Tapanuli Selatan dan Aceh Tengah Harus Tahu, Daerah Ini Penghasil Harta Karun Emas di Sumatera

Orang Tapanuli Selatan dan Aceh Tengah Harus Tahu--

Hampir di seluruh wilayah Aceh terdapat perusahaan pertambangan emas. Terdapat beberapa perusahaan tambang, seperti KSU, PT Magellanic Garuda Kencana dan PT Beri Mineral Utama di Aceh, yang tidak mencapai tahap produksi yang produktif atau profesional.

Namun, kegagalan seperti ini biasannya tidak disebabkan oleh kurangnya cadangan material, melainkan karena masalah manajemen dan kompetensi yang kurang memadai.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Pengajuan KUR Mandiri Online 2024? Begini Penjelasan Lengkapnya

Terdapat banyak aktivitas eksplorasi yang sedang berlangsung di Aceh dan hasilnya sangat menjanjikan. Oleh karena itu, diharapkan aktivitas penambangan di Aceh akan meningkat dalam beberapa tahun mendatang.

Sementara itu, sebaran daerah penghasil emas terbesar di Indonesia tak hanya ada di Sumatera, namun adapun berada di sejumlah provinsi seperti Papua Tengah, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku Utara, NTB, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Begini Cara Ajukan KUR BRI 2024 Pinjaman Rp 50 Juta, Angsuran Mulai Rp 900 Ribuan per Bulan

Berikut ini daftar daerah penghasil emas terbesar di Indonesia:

1. Mimika, Papua Tengah

Mimika, Papua Tengah adalah salah satu daerah penghasil emas terbesar di dunia. Salah satu tambang emas besar di Mimika adalah Grasberg Block Cave (GBC). 

Tambang emas Blok Gua Grasberg hingga kini dikelola oleh PT Freeport Indonesia, perusahaan yang sebagian besar sahamnya saat ini sudah menjadi milik pemerintah Indonesia.

BACA JUGA:Tabel Simulasi KUR BRI 2024 Pinjaman Rp 25 Juta, Angsuran Mulai Rp 700 Ribuan Per Bulan, Ini Syaratnya

Di Kabupaten Mimika, juga terdapat tambang emas Deep Mill Level Zone (DMLZ). Tambang DMLZ yang berlokasi di distrik Grasberg Papua juga dikelola oleh PT Freeport Indonesia.

Tambang DMLZ menyimpan sejumlah mineral yang teridentifikasi sebanyak 77 juta ton, dan perkiraan jumlah mineral yang masih belum pasti sebanyak 305 juta ton. Mineral-mineral tersebut mencakup kombinasi konsentrasi emas, perak, dan tembaga.

BACA JUGA:Ngga Usah Bingung! Ini Syarat dan Cara Ajukan KUR Mandiri 2024, Plafon dan Pilihan Tenor Memuaskan

Kawasan kota yang menjadi pusat aktivitas Freeport di Mimika adalah Tembagapura dan Kuala Kencana. Produksi emas Freeport mencapai sekitar 1,9 juta ons per tahun pada 2023 lalu. Perusahaan yang sama pun menghasilkan sekitar lebih dari 1,6 miliar pon tembaga selama 2023 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: