Iklan dempo dalam berita

Orang Tapanuli Selatan dan Aceh Tengah Harus Tahu, Daerah Ini Penghasil Harta Karun Emas di Sumatera

Orang Tapanuli Selatan dan Aceh Tengah Harus Tahu, Daerah Ini Penghasil Harta Karun Emas di Sumatera

Orang Tapanuli Selatan dan Aceh Tengah Harus Tahu--

BACA JUGA:Cek Rincian Tabel Angsuran KUR Mandiri 2024 Plafon Rp 10-200 Juta, Pahami Syarat dan Cara Pengajuannya

2. Gunung Pongkor, Bogor, Jawa Barat

Gunung Pongkor merupakan salah satu daerah penghasil emas di Indonesia yang dikelola oleh Tambang Emas Pongkor (TEP), bagian dari BUMN PT Aneka Tambang Tbk (Antam). 

Lokasi tambang emas Gunung Pongkor berada di Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kawasan ini berjarak sekitar 54 kilometer dari Kota Bogor.

BACA JUGA:Pinjam Uang Rp 100 Juta Cicilan Ringan! Ini Tabel Pinjaman Mandiri 2024 Non KUR

Eksplorasi logam dasar di tambang Gunung Pongkor telah dilakukan sejak tahun 1974. TEP memiliki tiga urat kuarsa yang kaya akan emas dan perak, yaitu urat Ciguha, urat Kubang Kicau, dan urat Cicurug.

Cadangan geologi di Gunung Pongkor mencapai sekitar 6 juta ton bijih emas dengan kadar emas rata-rata sekitar 17,14 gram per ton dan kadar perak sekitar 154,28 gram per ton.

BACA JUGA:Ingin Ajukan Pinjaman Kupedes BRI? Ini Pilihan Tenor Angsuran Kupedes BRI 2024 yang Dapat Dipilih

Mengutip artikel Menyusuri Jejak Gurandil di Tambang Emas Pongkor (2012) dalam situs Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, cadangan emas Gunung Pongkor diperkirakan dapat dipertahankan hingga 12 atau 14 tahun ke depan.

BACA JUGA:Cek di Sini Limit dan Bunga Pinjaman Kupedes BRI 2024, Pinjam Rp 100 Juta Angsuran Ringan

3. Banyuwangi, Jawa Timur

Tambang emas Tujuh Bukit atau Tambang Tumpang Pitu di Banyuwangi, Jawa Timur merupakan salah satu tambang emas terbesar di Indonesia. 

Tambang emas ini terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Tambang emas di Tumpang Pitu dikelola oleh PT Bumi Suksesindo (BSI), anak perusahaan dari PT Merdeka Copper Tbk.

BACA JUGA:Tabel Pinjaman Kupedes BRI 2024, Pinjam Rp 65 Juta Cicilan Murah, Tempo 4 tahun

Dikutip dari laman Merdeka Copper Gold, BSI menjalankan kegiatan penambangan di Tambang Emas Tujuh Bukit dengan merujuk pada Izin Usaha Pertambangan Operasi dan Produksi yang telah diperoleh sejak tahun 2012. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: